Gencarkan Rapid Test Antigen, Operasi Gabungan Sasar Rest Area

BANDUNG – Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung serta menekan penyebaran wabah, Satgas Penanganan Covid-19 Jabar akan menggelar operasi gabungan besar-besaran.

Selain itu, pemeriksaan rapid test antigen bagi warga Jabar yang menuju Jakarta, maupun sebaliknya pada masa libur natal dan tahun baru akan digencarkan.

Pemeriksaan akan dilaksanakan di delapan rest area Tol Cipularang dan Tol Cipali. Kabar mengenai pemeriksaan itu tertuang dalam surat bernomor 2437/HUB.05.01/ Sekretariat yang diedarkan Satuan Pamong Praja Provinsi Jawa Barat tertanggal 22 Desember 2020. Surat tersebut ditandatangani Kasatpol PP Jabar Ade Afriandi.

“Pada tanggal 24 s.d 27 Desember 2020 dan tanggal 30 s.d 31 Desember 2020 akan dilaksanakan pemeriksaan gabungan sekaligus pemeriksaan rapid antigen dan swab secara masif kepada masyarakat serta pengunjung di beberapa titik Rest Area Tol Cipularang dan Tol Cipali,” isi surat tersebut, kemarin (23/12).

Ade membenarkan akan adanya operasi gabungan tersebut. “Insyaallah akan ada (operasi gabungan),” kata Ade dilansir detikcom.

Pengecekan dan pengetesan ini rencananya dilakukan di ruas tol, yakni Cipularang dan Cipali. Untuk Tol Cipali akan berlangsung di rest area 97, 57, 72A, dan 72B. Sedangkan untuk di Tol Cipali berjalan di rest area 86A, 86B, 101B, dan 102A.

Pemda Provinsi Jabar akan menyiapkan 65.000 rapid test antigen. Rinciannya, 40.000 rapid test antigen dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan 25.000 buah dari pengadaan Belanja Tak Terduga (BTT).

Adapun dua daerah berstatus zona merah yakni Kabupaten Karawang dan Kota Depok. Selain itu, lima daerah berstatus zona kuning atau risiko rendah, yaitu Kabupaten Pangandaran, Cianjur, Tasikmalaya, Indramayu, dan Subang. Sedangkan, 20 daerah lainnya masuk zona oranye atau risiko sedang.

Pengamanan jalur mudik sekaligus masa libur Natal dan tahun baru, mulai Nagreg, Bandung, hingga jalur Gentong, Tasikmalaya, sudah berjalan.

Jalur tersebut sudah siap dilalui pemudik maupun yang akan berdarmawisata. Hal tersebut dikemukakan Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Eddy Sumitro, saat meninjau kesiapan petugas Polresta Tasikmalaya di jalur Gentong.

“Sekarang sudah masuk Operasi Lilin Lodaya 2020. Kami mengecek kesiapan petugas kami melakukan pengamanan, mulai dari Nagreg hingga Gentong,” kata Eddy.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan