98 CPNS Lolos Seleksi Jalani Tes Urine

CIMAHI – Dalam upaya menciptakan pegawai yang bersih dari penyalahgunaan narkoba, Badan Kepegawaian dan Pengelola Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Cimahi bekerjasam dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi melaksanakan tes urine kepada 98 Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS) tahun 2019 yang telah lolos seleksi

Pelaksanaan tes urine dilakukan secara mendadak di gedung B Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Senin (14/12)

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Pembinaan dan Pendidikan Pelatihan pada BKPSDMD Kota Cimahi, Isnendi didampingi Kasubid Pengadaan dan Mutasi Pegawai, Jamaludin mengatakan, tes urine ini dilakukan untuk melengkapi persyaratan CPNS yang masuk dan diterima di Kota Cimahi, agar  para pegawai di jajaran pemerintah  setempat diharapkan benar-benar bersih dari pengaruh narkoba.

“Tes urine berlangsung sehari. Kita ingin meyakinkan bahwa CPNS tersebut clear dari narkoba. Jika ada yang positif kita proses sesuai aturan yang berlaku,” katanya, disela pelaksanaan tes.

Menurutnya, pemberitahuan tes kepada para CPNS tersebut dengan mengatakan akan ada pengarahan.

“Pelaksanaannya nendadak. Tidak diberitahu sebelumnya bahwa akan dilakukan tes urine. Jadi mendadak. Saat mendaftar juga kan ada syarat bebas narkoba. Kami yakin dengan tes urine ini hasilnya lebih obyektif, lebih jelas,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sebenarnya pelaksanaan tes urine ini sudah direncanakan sejak awal tahun 2020. Namun karena adanya wabah Covid-19, anggaran untuk pelaksanaan tes urine terkena realokasi penanganan Covid-19. Sehingga pelaksanaan tes urine baru bisa digelar sekarang.

“Kita memiliki anggaran untuk melakukan tes urine kepada PNS maupun CPNS. Kebetulan pada anggaran tahun 2020 ini diawal tahun untuk belanja alat tesnya sudah direalisasikan, namun karena ada Covid-19, ada relaokasi anggaran sehingga untuk belanja yang lainnya terkait pelaksanaan tes urine itu di nol kan. Namun Alhamdulillah atas kerjasama BNN, mereka memfasilitasi untuk belanja yang tidak dianggarkan tersebut,” jelasnya.

“Sehingga pada tahun ini sesuai dengan rencana awal walaupun anggarannya tidak full, kita masih tetap bisa melaksanakan tes urine yang sudah rutin diadakan terhadap PNS dan CPNS di lingkup Pemkot Cimahi,” sambungnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan