Deal Sabrina

Meng adalah wakil CEO Huawei yang juga merangkap direktur keuangan. Tiba-tiba saja 1 Desember dua tahun lalu ditahan di bandara Vancouver. Waktu itu Meng dalam perjalanan Hongkong-Meksiko. Transit dulu di Vancouver –ingin mampir ke rumahnyi.

Meng dituduh melanggar sanksi Amerika terhadap negara Islam Iran. Yakni menjual peralatan telekomunikasi ke Iran, lewat perusahaan bernama Skycom.

Amerika menilai Skycom adalah perusahaan di dalam grup Huawei sendiri. Tapi Meng mengatakan tidak. Memang Skycom dulunya anak perusahaan Huawei di Hongkong. Tapi sudah lama dilepas.

Ternyata Amerika punya bukti bahwa Skycom masih berada di bawah kontrol Huawei. Dan itu, menurut Amerika, diakui sendiri oleh Meng.

Bukti itu ada di tangan Amerika. Yakni berupa dokumen power point. Dokumen itu diserahkan oleh Meng sendiri ke Bank HSBC Hongkong. Tahun 2013.

Transaksi Huawei dengan Iran –lewat Skycom– itu memang melalui HSBC.

Meng tidak merasa ragu ketika menjelaskan semua transaksi itu ke HSBC.

Tapi rupanya ada satu kalimat di power point itu yang multitafsir. Yang oleh intelijen bisa dianggap bukti.

Rupanya HSBC minta penjelasan ke Meng seberapa Skycom itu bisa dipercaya. Maka di presentasi sambil makan siang di Hongkong itu Meng menampilkan power point. Dia mengatakan bahwa hubungan Huawei dengan Skycom “a normal and controllable relation”.

“Controllable” di situlah yang ditafsirkan sebagai ”di bawah kontrol”.

Mungkin, dalam suasana normal, kalimat seperti itu tidak mencurigakan. Tapi dua tahun lalu Trump kan memang lagi sensi-sensinya terhadap Tiongkok –termasuk terhadap teknologi tingginya.

Maka dicari atau pun dicari-cari akibatnya sama: Meng harus menjalani masa tahanan di negara lain. Waktunya yang begitu mahal terbuang sia-sia di sana. Selama lebih 2 tahun.

Maka kalau kini memang bisa deal, apa pun, itu akan lebih baik. Daripada konflik berkepanjangan. Pun merembet ke mana-mana.

”Ke mana-mana” itu termasuk ke HSBC. Bisa saja diam-diam Tiongkok akan juga ”menghukum” HSBC. Secara bisnis. Dianggap sebagai bank yang tidak bisa dijadikan sahabat.

Sebelum adanya kabar baru itu pengacara Meng memang mulai mempersoalkan terjadinya pelanggaran proses penegakan hukum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan