Dua Objek Wisata di Lembang Tutup, 9 Karyawannya Positif Covid-19

LEMBANG – Setelah menjalani tes swab, sembilan orang pekerja di sektor pariwisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari sembilan orang positif Covid-19 tersebut, delapan orang berasal dari Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC), lalu seorang lagi merupakan pekerja di Hotel Puteri Gunung.

Seperti diketahui Dinas Pariwisata KBB melakukan swab test massal kepada pekerja di sektor wisata selama dua hari pada 25-26 November 2020.

Total ada 462 pekerja di-swab test yang dilakukan di dua tempat berbeda, yakni di TWGC Lembang dan Kampung Daun Parongpong. Swab test masal itu sebagai antisipasi dan persiapan libur akhir tahun.

“Ya benar ada yang positif COVID-19 dari hasil tes swab itu. Delapan orang pekerja di Grafika Cikole terus ada satu dari Puteri Gunung. Semua data itu sudah diserahkan ke pengelola,” ungkap Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan KBB, Mulyana, Rabu (2/12).

Saat ini pihaknya tengah melakukan tracing kontak erat dari para pekerja wisata yang positif Covid-19 tersebut agar mencegah penyebaran virus semakin meluas.

“Tracing sedang berjalan, setelah itu akan menjalani tes swab. Mereka yang positif ini kondisinya sehat semua, jadi hanya perlu isolasi mandiri,” katanya.

Sementara soal penutupan objek wisata, Mulyana menyebut diserahkan kewenangannya ke Satgas Covid-19. “Kalau untuk penutupan itu wewenangnya Satgas Covid-19. Kalau kita hanya soal tracing dan isolasinya,” bebernya.

General Manager TWGC Bagus Widy Prasetyo menyebutkan hasil tes swab tersebut sudah diterima. Pihaknya langsung memutuskan menutup operasional objek wisata untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami dapat tembusan hasil tes swab dan ada yang positif sehingga kami langsung mengambil langkah cepat dengan menutup Grafika Cikole untuk waktu yang belum ditentukan,” ucapnya.

Sekarang pihaknya sedang melakukan sterilisasi kawasan TWGC secara mandiri, serta melakukan tracing ke pegawai lainnya. Sementara untuk keluarga inti karyawan yang positif diinstruksikan untuk melakukan tes swab di puskesmas terdekat.

“Sterilisasi kami lakukan sendiri beserta staf, rencananya BPBD KBB juga akan membantu melakukan penyemprotan di TWGC. Termasuk memperketat protokol kesehatan,” kata dia. (wis/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan