Komplotan Maling Sepeda Mahal Berhasil Dibekuk Polsek di Lembang, Modusnya Pakai Angkot

LEMBANG – Jajaran Polsek Lembang akhirnya berhasil membekuk tiga orang pelaku pencurian dua unit sepeda yang aksinya terekam kamera CCTV pada Sabtu (7/11).

Tiga orang pencuri tersebut salah satunya merupakan sopir angkutan kota jurusan Lembang-Cikole. Angkot untuk mencari nafkah itu juga lah yang dipakai pelaku untuk mengangkut barang curian.

Kapolsek Lembang Kompol Sarche Christiati Leo Dima mengungkapkan pihaknya menerjunkan Tim IT untuk mengejar pelaku pencurian berdasarkan rekaman CCTV.

“Pengungkapan pencurian sepeda ini berdasarkan viral rekaman CCTV di media sosial. Melalui Tim IT akhirnya kita ungkap para pelaku yang berjumlah tiga orang beberapa hari yang lalu,” ujar Sarche, Minggu (29/11).

Sebelum melancarkan aksinya para pelaku terlebih dahulu melakukan observasi untuk mengamati lingkungan dan sasaran pencurian yakni sepeda yang disimpan di halaman rumah dan mudah dijangkau.

Saat melakukan pencurian, pelaku mengajak dua rekannya. Dua orang pelaku bertugas mengambil barang dan memasukkan ke dalam angkot, lalu seorang lagi standby di dalam angkot.

“Modus ini unik karena menyamarkan aksi mereka dengan angkot. Pelaku sebelum mencuri, melakukan observasi lingkungan di Lembang lalu ketika ada sepeda yang bisa dijangkau dan sepi maka langsung melakukan pencurian,” terangnya.

Para pelaku mengaku mencuri sepeda karena butuh uang mengingat saat ini sedang sepi penumpang. Sepeda tersebut dijual seharga Rp 1 juta.

“Sepeda itu dijual seharga Rp 1 juta. Pengakuan mereka alasannya karena desakan kebutuhan ekonomi. Tapi kita tidak percaya begitu saja. Mereka terancam hukuman 7 tahun penjara,” tandasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan