ICMI Orwil Jabar Lakukan Gerakan Penanaman Pohon 1000 Pohon Buah untuk Kedaulatan Pangan

BANDUNG – Ikatan Cendikiawan Muslim (ICMI) Organisasi Wilayah Jawa Barat (Orwil Jabar) menggelar gerakan menanam pohon di kawasan Sein Farm Jl. Sekemala, Ujungberung Kota Bandung.

Ketua ICMI Orwil Jabar Prof. Dr. H.M Najib. M.Ag didampingi Sekretaris Dr.H.Ujang Saepulah,M.Si, menuturkan, gerakan menanam pohon harus terus dikalangan. Sebab, memiliki manfaat sangat baik untuk ke depan.

Menurutnya, adanya dampak Covid 19  gerakan menanam pohon bisa dilakukan dilahan-lahan yang terbatas. Tujuannya untuk menunjangn ketahanan pahan.

’’Jadi pada hari ini Ikatan Cendikiawan Muslim Orwil Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung dan  Masyaraka melakukan penanaman 1.000 batang pohon buah-buahan sebagai bentuk menunjang ketahanan pahan,’’kata Nazib kepada wartawan, Sabtu, (29/11).

Dia menuturkan, kegiatan penanaman pohon sebelumnya telah dilaksanakan di kawasan Bendungan Jatigede Kabupaten Sumedang dengan menanam 500 Pohon Mangga.

Dengan dilaksanakannya gerakan menanam 1.000 pohon buah-buahan diharapkan dapat dipelihara dan nantinya diharapkan dapat dirasakan manfaatya oleh mesyarakat.

’’Kami menitipkan supaya Tanaman Pohon Buah-buahan ini dapat dilaksanakan pemeliharaannya oleh masyarakat setempat supaya dapat terawat dengan baik,’’ucapnya.

Sementara itu  Kepala Dinas Pangan dan Pertanaian Kota Bandung Ir H Gin Gin Ginanjar. M.Eng menyampaikan. Sein Farm adalah kawasan terpadu yang keberadaannya menjadi tempat edukasi dan lahan konservasi.

dipilihnya kawasan Sein Farm Kota  Bandung oleh ICMI Jawa  Barat yang bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Nasional 2020 .

Untuk itu, sejumlah 574  Pohon keras telah ditanam bersama ICMI. Tujuannya, selain nantinya bisa dimanfaatkan buahnya, tanaman itu bisa menjadi penyangga kawasan.

Sementara itu Ny. Siti Muntamah Oded (Ummi) selaku Ketua PKK Kota Bandung penanaman 1000 pohon buah-buahan dilaksanakan ICMI Orwil Jabar selaras dengan program ketahanan pangan Buruan Sae yang digagas Pemkot Bandung.

’’Program Buruan Sae itu memanfaatkan halaman rumah, pekarangan, lahan tidak produktif untuk dapat menciptakan nilai ekonomi memenuhi kebutuhan keluarga secara mandiri,’’ucap Mutamah.

’’Halaman rumah itu  selain untuk dipecantik dan diperindah juga untuk dijadikan tempat saja budidaya ikan, hewan dan sayur mayor termasuk halaman pendopo kota  Bandung sedang di kembangkan. Termasuk program Kang pisman kurangi pisahkan manfaatkan ternyata Alhamdulillah sudah  mulai di rasakan manfaatnya oleh sebagain besar masyarakat,’’tutup Siti Mutamah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan