Rujukan Online Memudahkan dan Mempercepat Pelayanan Peserta JKN-KIS

CIMAHI – BPJS Kesehatan senantiasa hadir dengan inovasi yang memudahkan peserta JKN-KIS, pelayanan di fasilitas kesehatan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan semakin dioptimalkan melalui berbagai pengembangan teknologi, diantaranya melalui sistem rujukan online. Dengan diterapkannya sistem rujukan online ini, diharapkan dapat mempermudah peserta JKN-KIS dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan medis pasien.

Peserta JKN-KIS yang telah merasakan kemudahan dari sistem rujukan online ini, salah satunya adalah Dadang Setiawan (34), seorang karyawan swasta yang bertempat tinggal di Citeureup, Kota Cimahi yang beberapa waktu lalu mengantar istrinya berobat ke poli kandungan RS Mitra Kasih, Kota Cimahi.

Istri Dadang kini sedang hamil anak pertamanya dengan usia kehamilan delapan bulan. Saat itu ia datang memeriksakan kehamilan istrinya di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) sesuai dengan yang tertera pada kartu JKN-KIS, kemudian ia disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan yang ada di RS Mitra Kasih. Petugas pada FKTP lalu merujuknya dengan sistem online yang sudah terkoneksi secara real time.

“Kami sangat dimudahkan dengan diterapkannya sistem rujukan online ini, karena istri saya tidak perlu antri terlalu lama untuk mendapatkan pelayanan RS. Dulu, istri saya pernah dirujuk ke RS juga, untuk konsultasi dengan dokter spesialis kandungan di sini, tapi saat itu prosesnya memang agak lama, saya harus antri agak lama di loket. Kalau sekarang merasakan ada perbedaan, cepat dan praktis, mungkin karena istri saya dirujuknya secara online. Waktu itu hanya antri sebentar saja dan cukup menunjukkan Kartu JKN-KIS, istri langsung masuk ruangan pemeriksaan dokter,” ungkap Dadang saat ditemui Jumat (27/11).

Dengan diterapkannya sistem rujukan online, diharapkan dapat memberikan kepastian dan kemudahan serta kenyamanan bagi peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Tidak hanya mempermudah peserta, sistem rujukan online ini juga dapat memudahkan fasilitas kesehatan karena dapat memberikan rujukan secara real time dengan data pada FKTP yang merujuk dan akan langsung terkoneksi ke FKRTL atau RS yang dituju atau penerima rujukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan