Sesuai Prediksi Schumi, Hamilton Ciptakan Rekor Baru

ISTANBUL – Kegemilangan Lewis Hamilton di kancah balap Formula 1 (F1) ternyata sudah diprediksi sang legenda Michael Schumacher (Schumi). Prediksi tersebut dilontarkan Schummy pada 2008 lalu.

Saat diwawancara BBC Sport pada 2008, Schumi mengaku sangat kagum akan sosok Lewis Hamilton. Kala itu, pebalap Mercedes itu baru saja meraih Juara Dunia F1.

Saat itu dia sudah menorehkan rekor sebagai pebalap berkulit hitam pertama dunia, yang menyabet gelar tersebut. Hebatnya, gelar itu diperoleh di musim pertamanya di ajang F1.

“Saya sangat mengguminya. Apa yang ia lakukan dalam waktu singkat adalah sebuah pencapaian hebat. Berkompetisi dengan Fernando Alonso, bahkan terkadang lebih cepat darinya, merupakan salah satu tontonan di level tertinggi (ajang Formula 1),” kata Schumi kepada BBC Sport pada 2008, dikutip laman resmi F1, Senin (16/11).

Ketika ditanya apakah Lewis Hamilton akan mampu mematahkan rekor dunia yang dicetaknya, pebalap Ferrari berjuluk The Red Baron itu, sama sekali tidak meragukan kemampuan Hamilton.

“Saya rasa iya. Karena rekor adalah sesuatu yang tercipta untuk dipecahkan,” tutup Schumi dalam sesi tersebut.

Schumacher sendiri pensiun dari Formula 1 di tahun 2012, sebelum akhirnya terlibat dalam kecelakaan fatal satu tahun berikutnya. Schumi yang kini berusia 51 tahun, masih dalam kondisi koma pasca kecelakaan ski di pegunugan Alpine, Prancis. Benturan keras yang terjadi di area kepalanya, memaksa sang pebalap hidup dengan kondisi vegetatif, atau yang juga dikenal dengan nama post-coma unresponsiveness.

Rekor juara dunia F1 tujuh kali miliknya, kini mampu disamai oleh Lewis Hamilton. Pebalap berambut gimbal itu adalah seorang warga negara Inggris, dengan Mercedes W11 milik pabrikan Jerman sebagai tunggangannya. Sekarang, pria bernama lengkap Lewis Carl Davidson Hamilton itu hanya membutuhkan satu kemenangan lagi, untuk membuktikan prediksi Schumacher 12 tahun lalu.

Terkait kemenangan ini, Sebastian Vettel dari Ferrari mengatakan jika torehan yang dicatatkan Hamilton dalam sejarah ini, membuktikan dia adalah yang terbaik di eranya. Bahkan lebih baik dari Michael Schumacher sekalipun.

“Memang sulit untuk membandingkan siapa yang terhebat (dalam sejarah F1), namun yang pasti dia adalah pebalap F1 terbaik di era kami. Sementara bicara Michael (Schumacher), buat saya, dia akan selalu menjadi yang terbaik, itu pasti. Namun bicara pencapaian, Lewis adalah yang terbaik. Dia mampu menyamai (rekor Schumi) menang lebih banyak balapan, juga jumlah pole position (dibanding Schumacher). Saya rasa dia sudah melakukan yang terbaik,” ucap Vettel.(fin/ris)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan