KIM, Agen Informasi Pendorong Partisipasi & Kecerdasan Masyarakat dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020

“Warga sudah mengerti kalau ingin tahu sesuatu tentang program/kebijakan pemerintah, pasti datang ke kami. Kadang mereka juga suka bertanya kapan ada lagi kegiatan sosialisasi atau penyuluhan tentang program pemerintah. Itu tandanya mereka sudah berpartisipasi aktif dalam proses peningkatan kehidupan masyarakat dan pembangunan nasional” ujar Sekretaris KIM Mekarjaya Kota Bandung, Deni Irawan.

KIM di Mekarjaya bahkan sudah menjadi tempat menampung aspirasi warga terkait berbagai program dan kebijakan pemerintah. Aspirasi warga ini menjadi bahan sosialisasi agar masyarakat menjadi pelaksana utama pembangunan nasional.

Berdasarkan pengalaman pilpres kemarin, “Maunya masyarakat itu sederhana, ingin punya pemimpin yang jujur dan adil, dan Pemilihan tidak ada kecurangan. Masyarakat itu gamau dibohongi, itu gitu aja. Kami sering berkomunikasi langsung dengan masyarakat, itulah gambaran umum keinginan mereka,” sambung Deni.

Sementara, penyelenggara Pemilihan yaitu KPU optimis partisipasi masyarakat dapat terpenuhi kendati masih dalam situasi pandemi.

“Pemilihan Kepala Daerah ini untuk kepentingan rakyat, satu-satunya cara perputaran kepemimpinan regular yang damai. Jadi rakyat harus menggunakan daulatnya. Apapun kondisinya, kita berharap target partisipasi pemilih 77,5 persen dapat tercapai,” kata, Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya

Persiapan menuju hari H Pemilihan Serentak oleh KPU didukung penuh tidak hanya oleh Kominfo, tetapi juga media massa yang ikut bertanggung jawab mencerdaskan masyarakat terkait hal tentang Pemilihan.

“KPU telah kerja keras (menyiapkan Pemilihan) di tengah situasi seperti ini (pandemi). KPU dan semua pihak sudah berupaya kreatif dan inovatif meskipun ancaman Covid-19 masih tinggi. Ini jadi tantangan juga buat media membantu KPU dan Kominfo memenuhi target partisipasi pemilih,”ujar Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat, Noe Firman Rachmat. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan