Longsor Ancam Jalur Tol Purbaleunyi

NGAMPRAH – Tebing setinggi 30 meter di dekat Tol Purbaleunyi KM 116 Bandung arah Jakarta mengalami longsor pada Rabu (28/10/2020) sore saat hujan deras mengguyur.

Lokasi longsor berada tepat di Kampung Parakan RT 03/08, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Titik longsor berjarak sekitar 50 meter dari ruas Jalan Tol Cipularang.

Beruntung longsor tersebut tidak sampai mengancam badan jalan tol karena jarak dari titik longsor cukup jauh. Ditambah lokasinya berada di bawah sawah yang membatasi badan jalan tol dengan titik longsor.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo menjelaskan, longsor tersebut mengakibatkan tertimbunnya perkebunan milik warga seluas kurang lebih 50 meter persegi.

“Longsor di dekat Jalan Tol Purbaleunyi terjadi kemarin sore, kita dapat laporan langsung cek ke lokasi. Memang di dekat tol, tapi jaraknya sekitar 50 meter jadi masih aman,” kata Duddy, Kamis (29/10).

Hujan dengan intensitas tinggi dam durasi cukup lama disinyalir menjadi penyebab longsor tersebut. Belum lagi kondisi lereng yang curam dan kondisi tanah yang labil membuat longsor sangat mudah terjadi.

“Penyebabnya ini karena hujan deras jadi tanah terus tergerus air sampai akhirnya longsor. Kondisi tanahnya juga labil, tapi jarak titik longsor dengan badan jalannya cukup jauh, sekitar 50 meter jadi tidak mengancam,” tuturnya.

Jasa Marga memastikan lokasi longsor jauh dari jalan tol dan tak akan menggangu arus lalu lintas. Hasil peninjauan ke lokasi, bencana tersebut berada di batas ruang milik jalan (Rumija) Jasa Marga dengan milik warga.

“Kami sudah ke lapangan untuk mengecek ke lokasi melalui petugas patroli jalan tol. Ternyata lokasi di luar Rumija kita, cuma memang berbatasan,” ujar Humas Jasa Marga, Ade Januar.

Pihaknya memastikan longsor tak bakal mengganggu arus lalulintas di ruas Jalan Tol Cipularang mengingat saat ini sedang dalam masa libur panjang hingga Minggu (1/11/2020).

“Kami pastikan longsor tidak akan menggangu arus lalu lintas dan badan jalan Tol Cipularang. Teman-teman patroli sudah memastikan langsung ke lapangan,” jelasnya. (mg6/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan