Oting Bantah Lakukan Politik Uang

CIANJUR  – Calon Bupati Cianjur nomor urut 2, Oting Zaenal Mut­taqin membantah memanfaatkan ben­cana untuk kegiatan kampanye dengan membagikan beras di Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur.

Namun, ia mengaku telah membagi­kan beras dan pakaian kepada korban banjir dan longsor di Kecamatan Leles dan Agrabinta beberapa waktu lalu atas panggilan hati nurani, dan mengguna­kan uang pribadi.

Oting mengaku datang ke lokasi ben­cana atas nama pribadi. Ia menanggapi kasus dugaan money politics di Kecamatan Leles yang saat ini tengah ditangani Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur.

“Saya juga membawa ban­tuan satu ton beras dan satu ton pakaian bekas yang ber­sumber dari saku pribadi. Jadi, bukan atas nama calon,” kata dia kepada wartawan di Kantor DPC Demkorat Cian­jur, kemarin (20/10).

Selain itu, ia juga mengaku memberikan bantuan terse­but ke salah seorang pimpi­nan pondok pesantren agar bisa disalurkan kepada kor­ban bencana. Ia membawa 16 karung pakaian baru dan pakaian layak pakai.

“Bukti foto-fotonya ada sama saya. Sama sekali tidak ada atribut kampanye,” je­lasnya sambil menunjukan bukti foto melalui ponselnya.

Selain itu, dirinya mengaku memberikan bantuan itu kepada PAC Partai Gerindra dan mengintruksikan untuk membagikannya ke korban bencana.

“Terkait dengan yang dia­mankan oleh Bawaslu saya tidak tahu itu mah, itu apakah memang dari PAC besoknya membagikan atau hari itu juga? Karena pada saat saya di sana tidak ada atribut apa­pun,” kata dia.

Oting mengatakan menge­tahui laporan dugaan money politics ini dari pemberitaan di media. Bahkan, ia siap dipanggil Bawaslu Cianjur untuk klarifikasi.

“Kalau memang Bawaslu menyuruh harus dikalifikasi tidak ada masalah, karena namanya orang harus klari­fikasi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cian­jur menemukan dugaan kasus terkait money politics atau politik uang pelang­garan Pemilu yang diduga dilakukan oleh seorang Ket­ua Pimpinan Anak Cabang (PAC) partai politik di Ke­camatan Agrabinta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan