72 Hektare untuk Bendungan Sadawarna, PT Dahana Dibayar, Tanah Warga Belum

SUBANG-Pembangunan bendungan Sadawarna yang merupakan proyek nasional sangat dinanti para petani di Kabupaten Subang. Pasalnya, sumber airnya untuk mengairi sawah bisa disiapkan di bend­ungan tersebut. Selain untuk para petani, pasokan air bersih tersebut juga bisa dialirkan ke Pelabuhan Patimban.

Camat Cibogo Sri Novia mengatakan, pembangunan Bendungan Sadawarna sudah dimulai dan diawali dengan pembangunan bendungan di areal seluas 72 hektare di lahan milik PT Dahana, yang sudah dibebaskan dan dibayar. Pembangunan yang dilakukan PT WIKA, saat ini masih berproses. “Itu kan pembangunan di areal lahan milik PT Dahana yang sudah dibebaskan dan dibayar. Ka­lau lahan milik masyarakat belum,” ujarnya.

Dijelaskan Sri , pemban­gunan bendungan tersebut, tidak berdampak terhadap masyarakat di sekitar. Meski demikian, jika ada masyarakat yang terdampak dari pem­bangunan yang berada di lahan seluas 72 hektare, bisa melaporkannya kepadan­ya. “Sampai saat, ini tidak ada dampak ke masyarakat dari pembangunan tersebut. Malah PT WIKA membangun mesj i d untuk masyarakat sekitar,” ujarnya.

Warga yang berada di Desa Sadawarna dan CIbalandong  Jaya belum mendapat ganti rugi.

“Desa Sadawarna dengan luas 248.16 hektare dan 561 bidang tanah. Desa Ciba­landong Jaya luas 244.230 hektare dan 916 bidang masih beum mendapatkan ganti rugi,” paparnya.

Lahan di Desa Sadawarna, kata Camat Sri, sudah di­lakukan pengukuran dan juga penghitungan apprais­al. 90 persen warga Desa Sadawarna sudah setuju dengan pembebasan lahan tersebut. Masyarakat hanya tinggal menunggu pemban­gunannya saja. Sedangkan untuk Desa Cibalandong Jaya, pihak tim Aprraisal saat ini sedang melakukan pengukuran lahan.

Jadi Daya Tarik Pedagang dan Tempat Swafoto

Pembangunan Bendun­gan Sadawarna di lahan PT Dahana yang sudah dibebaskan, akan menjadi daya tarik pedagang kecil dan lokal. Pastinya, banyak masyarakat yang ingin ber­swafoto di sana.

Camat Cibogo Sri Novia, mencoba melakukan koor­dinasi dengan berbagai pihak bagaimana cara un­tuk meningkatkan per­ekonomian, dengan me­manfaatkan pembangunan Bendungan Sadawarna untuk masyarakat sekitar. “Rencana tersebut ada. Ini juga buat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan