InfraDigital Foundation Bersama MasterCard Indonesia Gelar Pelatihan Cyber Security Bagi Siswa SMK di Jabar

Application Security Engineer, Habibie Faried mengatakan, bekerja pada bidang keamanan siber sangat menyenangkan. Permintaan tenaga kerja pada bidang tersebut tinggi, sedangkan ketersediaan tenaga kerja masih sedikit.

“Banyak orang masih kurang mengerti pentingnya bidang cyber security di masa kini dan akan datang. Webinar ini merupakan wadah yang baik untuk memotivasi talent cyber security untuk masa depan Indonesia menyambut era digital,” ungkap Habibie.

Sementara itu Security Engineer, Fahri Shihab menambahkan, teknologi yang sedang berkembang saat ini membuat semakin banyak orang terkoneksi internet. Hal itu berdampak pada semakin besarnya peluang kerja pada bidang cyber security.

“Semakin teknologi berkembang, semakin banyak pula kerentanan sistem yang ada. Namun tidak banyak tenaga ahli untuk mengamankan sistem itu karena informasi yang minim mengenai cyber security. Saya berharap bisa menarik lebih banyak anak muda untuk terjun ke dunia cyber security,” ujar Fahri.

Program Manager IDF, I Gede Pandu Wirawan mengatakan, kesenjangan kemampuan cyber security tidak hanya menjadi masalah perusahaan yang kesulitan mencari talent, tapi persoalan bangsa secara keseluruhan.

“Melalui webinar ini, IDF bersama MasterCard Indonesia berupaya mengkomunikasikan pengetahuan yang tidak hanya relevan tapi juga menarik perhatian generasi muda yang haus pengetahuan dan menginginkan masa depan karir yang menjanjikan,” kata Pandu.

Country Lead Social Impact and Philanthropy PT. Mastercard Indonesia Charlie Hartono menambahkan, pelatihan  cyber security dapat mendukung upaya pemerintah dalam melahirkan talenta-talenta digital baru di tanah air. Selain itu, menginspirasi generasi pemimpin-pemimpin muda agar mampu membuka potensi transformasi ekonomi digital Indonesia. (rls)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan