Pemkot Bandung dan Kejari Kerjasama Tuntaskan Masalah Aset

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung sepakat menjalin kerjasama. Lewat kerjasama ini, Kejari akan memberikan pendampingan hukum terkait urusan keperdataan dan tata usaha negara. Di antaranya menyangkut persoalan aset milik Pemkot Bandung.

Kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Kepala Kajari Bandung, Mohamad Iwa Suwia Pribawa di Kantor Kejari Bandung, Jalan Jakarta, Rabu, 30 September 2020.

”Saya berharap dengan adanya kerjasama ini, urusan perdata Pemerintah Kota Bandung bisa semakin bagus. Utamanya dalam mengamankan aset-aset di Kota Bandung,” ucap Oded.

Dia mengungkapkan, aset milik Pemkot Bandung khususnya lahan terdata sampai ribuan bidang. Dia mengakui, tidak menutup kemungkinan beberapa di antaranya ada yang belum tuntas.

Meskipun, hingga sekarang ini Oded juga belum mendapat laporan terkait sejumlah aset yang masih bermasalah.

”Saya kira kalau masalah masih ada, tapi saya belum tahu pastinya. Karena jumlah aset Pemkot Bandung hampir 11 ribu persil. Mugkin ada masalah. Oleh karena itu, alhamdulillah Kejari dengan kita sama-sama untuk pengamanan aset ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kajari Bandung, Mohamad Iwa Suwia Pribawa mengatakan, pihaknya berkomitmen mendampingi Pemkot Bandung. Baik sebagai tergugat maupun selaku penggugat dalam urusan keperdataan dan tata usaha negara.

”Syukur-syukur kalau sudah tidak ada lagi (masalah). Tapi kalau masih ada, kami akan mendampingi untuk mengembalikan asset-aset Pemda,” kata Iwa.

Selain kesepakatan untuk pendampingan hukum, kerjasama antara Pemkot bersama Kejari juga terkait pembuatan aplikasi digital. Yaitu, Sistem Informasi-Kejari Kota Bandung bersama Pemkot Bandung perihal Bantuan dan Pelayanan Hukum atau Si-Kabayan.

Iwa mengungkapkan, Si Kabayan ini hadir untuk memberikan bantuan pelayanan hukum bagi masyarakat. Di dalamnya terdapat fitur bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi masalah hukum perdata atau tata usaha negara.

Dalam acara ‘soft launching’ tersebut dipaparkan salah satu keunggulan Si Kabayan yakni menghadirkan fitur komunikasi yang lengkap, baik melalui pesan teks, pesan suara ataupun sambungan panggilan video.

Dalam waktu satu pekan ke depan, Si Kabayan sudah hadir di app store untuk para pengguna telepon pintar berbasis android.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan