Buka Tutup Jalan Perbatasan Kota Setiap Akhir Pekan

BANDUNG – Meningkatnya kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di beberapa daerah yang bahkan kembali berstatus zona merah, membuat pihak Pemerintah Kota bersama Polrestabes Bandung harus bersiaga terhadap penularan virus asal Wuhan Cina tersebut.

Salah satu upaya kesiagaan yang dilakuan selain dengan melakukan penerapan buka tutup beberapa ruas jalan, pihak kepolisian juga bakal melakukan buka tutup di jalan perbatasan kota setiap akhir pekan.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya kerumunan warga. Sehingga Ulung pun mengimbau agar warga menghindari kerumunan dan tidak keluar rumah jika tidak terdapat keperluan yang sangat penting.

”Ini kita lakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Bandung,” katanya, disela-sela peninjauan penutupan jalan di Jalan Asia Afrika, Kota Bandun, Jumat (18/9).

Dia mengungkapkan, kebijakan buka tutup di beberapa ruas jalan dilakukan selama 14 hari secara periodik yaitu pagi mulai pukul 09.00 hinga 11.00 WIB, siang dari pukul 14.00 hinga 16.00 WIB dan malam sejak pukul 22.00 hingga 06.00 WIB pagi.

”Kalau pagi hari, pekerja sudah masuk (kantor), saat kerja setelah itu baru tutup untuk menghindari kerumunan. Buka lagi saat makan siang sore tutup lagi mencegah berkerumun.  Semua kendaraan dan sepeda juga tidak bisa melintas,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, selama pemberlakuan kebijakan tersebut pihaknya menurunkan sebanyak 400 petugas gabungan dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan dan juga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

”Meski dijaga tapi kami belum memberlakukan cek poin di wilayah perbatasan tersebut. Petugas gabungan akan berjaga 24 jam,” terangnya.

Adapun ruas jalan yang diberlakukan buka tutup antara lain jalan Otista-Suniaraja sampai dengan Otista-Asia Afrika, simpang jalan Asia Afrika-Tamblong sampai dengan Asia Afrika-Cikapundung Barat. Jalan Purnawarman-Riau sampai dengan Purnawarman-Wastukencana.

Buka tutup jalan juga diterapkan di Jalan Merdeka-Riau sampai dengan Merdeka-Aceh. Jalan Merdeka-Aceh sampai dengan jalan Merdeka-Jalan Jawa. Pada akhir pekan, buka tutup jalan diberlakukan hingga ring dua, yakni Jalan Lingkar Selatan bahkan sampai di wilayah perbatasan Kota.

Seperti diketahui, mulai Jumat (18/9) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi memberlakukan buka tutup jalan di beberapa ruas jalan protokol. Hal tersebut dilakukan karena terus meningkatnya penyebaran kasus Covid-19.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan