Pengamat Nilai Jenis Kelamin KAMI untuk Cari Kekuasaan Politik

Selain itu, ada juga Mohanmad Said Didu, Marwan Batubara, Syahganda Nainggolan, Hatta Taliwang, Rocky Gerung, Khusnul Komariah dan masih banyak lagi lainnya. Kemudian jika dilihat dari konten narasi yang dibangun oleh kelompok tersebut, Erik mengatakan, gerakan KAMI hanya mengandalkan unsur pesimistik.

“KAMI yang kedepankan narasi pesimistik, jelas mereka barisan sakit hati. Bercandaan saya, ini barisan nasi yang udah jadi bubur dan bagaimana agar bubur ini bisa dijual dan laku,” terangnya.

Masih di dalam konteks narasi, aktivis tersebut juga menyebut bahwa mereka menggunakan diksi untuk menembak kursi kekuasaan, di mana deklaratornya yakni Din Syamsuddin menyebut bahwa Indonesia bak kapal yang akan karam. Pemilihan diksi ini juga dijadikan materi untuk melihat apa sebenarnya arah tujuan dari koalisi tersebut.

“Kata Din Syamsuddin katakan koalisi ini bukan politik, tapi kita lihat pra deklarasinya adalah Indonesia bak kapal yang goyah dan hampir karam. Kenapa bukan (pakai diksi) ada badai besar yang bikin kapal goyah, ini narasi yang digunakan penting kita cermati,” imbuhnya.

Kemudian di dalam narasi para deklarator KAMI tersebut juga menyinggung tentang judicial review (JR) UU Nomor 2 tahun 2020 oleh Din Syamsuddin, serta narasi pemerintah dungu yang terus digaungkan oleh Rocky Gerung.

Melihat dari unsur-unsur itu, Erik menyampaikan bahwa arah perjuangan dari KAMI sudah jelas yakni memberikan stigma negatif kepada pemerintah dengan melakukan agitasi propaganda, sehingga sebagian masyarakat merasa empati dan berpihak kepada mereka. Sehingga tujuan dari kelompok tersebut adalah mencoba merebut kekuasaan politik semata.

“Din katakan ada ketidakadilan di MK soal kemenangan Jokowi. Rocky katakan pemerintah ini dungu dan yang bisa selamatkan negara hanya pikirannya dia sendiri. Kemudian ada tokoh yang karakan 6 bulan lagi Jokowi jatuh dan ekonomi di Indonesia menyeleweng. Jadi jelas inilah jenis kelamin dari KAMI itu,” paparnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan