ASN Pemkot Cimahi Mulai Jalani Swab Test

BANDUNG – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mulai menjalani swab test. Tes dilakukan dalam upaya mendeteksi kasus corona virus disease (covid-19) secara bertahap. Jika ditemukan kasus positif covid-19 maka bakal segera ditindaklanjuti untuk ditangani.

Pelaksanaan swab test berlangsung di pelataran Gedung B Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Para ASN menjalani tes dengan menerapkan protokol kesehatan, diawali dengan tes suhu tubuh, mendaftar, menunggu giliran swab dengan posisi duduk diberi jarak. Saat menjalani swab test, sejumlah ASN terlihat meringis kesakitan.

Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi Chanifah Listiyarini menyatakan dengan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), terdapat sejumlah wilayah yang patut diwaspadai dalam penularan covid-19.

”Dalam hal ini ASN termasuk punya resiko tinggi penularan covid-19 dengan aktivitas di ruangan kantor yang kurang representatif. Sehingga dilakukan tes untuk mendeteksi apakah ada yang menderita covid di ASN Cimahi,” ujarny, disela pemeriksaan, Selasa (4/8).

Kendati demikian, dia berharap tidak ada ASN yang terpapar covid-19.

”Kalaupun ada kasus positif akan diisolasi sehingga tidak menularkan ke yang lain,” katanya.

Menurutnya, hasil tes ASN seluruhnya dikirim ke Poltekkes Analis Kesehatan. Sebab, saat ini Cimahi sudah bisa tes sampel secara mandiri.

”Hasilnya bisa kita lihat paling lama 2×24 jam,” ujarnya.

Swab test hari pertama dilakukan untuk ASN dengan sasaran 325 orang di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Sekertariat Daerah Kota Cimahi, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Dinas lain di lingkungan Pemkot Cimahi akan menjalani swab hingga Kamis (6/8/2020), ASN di unit kerja lain bakal ditest mulai Jumat (7/8/2020) seperti kelurahan, kecamatan, Sekertariat DPRD Kota Cimahi di puskesmas wilayah masing-masing.

”Jumlah ASN di lingkungan Pemkot Cimahi sekitar 2000 orang. Setelah itu lanjut ASN di luar Pemkot seperti kelurahan kecamatan,” jelasnya.

Dia menegaskan, swab test ASN Pemkot Cimahi memang sudah dijadwalkan. Sehingga, pelaksanaannya bukan karena ada kasus positif di Gedung Sate.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan