ASN Pemprov Banyak yang Positif, Pemkot Bandung Belum Ada Rencana Swab Tes

 

BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial turut menanggapi puluhan kasus ASN di Gedung Sate yang dinyatakan positif Covid-19.

Dia mengaku prihatin dengan adanya penambahan kasus ASN yang terpapar Covid-19 itu. Namun, Oded beranggapan, hal ini adalah sebuah keniscayaan.

Menurutnya, adanya kasus ASN positif disebabkan oleh masifnya Gugus Tugas melakukan pengetesan Covid-19 untuk kalangan ASN. Hal ini juga dilakukan di Pemkot Bandung.

“Kalau kita sih di Pemkot Bandung, baik di Pemkotnya di ASN ataupun di masyarakat kita kan Swab terus dilakukan. Jadi begini ya, kalau kita kemarin di Gesat seperti itu, itu suatu keniscayaan,” ujar Oded kepada wartawan di Kantor Dispangtan, Jumat (31/7).

Oded menuturkan Swab tes merupakan sebuah amanat yang harus dilaksanakan. Sehingga apabila didapati masyarakat yang terpapar Covid-19 harus dapat menjadi perhatian.

“Kalau ga di swab, berarti kan ga kelihatan. Tapi bom waktu loh, itu yang harus dilaksanakan saya kira,” tegasnya.

Kendati begitu, terkait pelaksanaan Swab tes kepada para ASN yang berada di lingkungan Pemkot Bandung, Oded belum bisa memastikan hal tersebut.

“Kalau swab itu harus dilakukan, tapi kan warga bukan hanya ASN. Warga masyarakat lain butuh, punya hak juga mereka. Sehingga sesuai dengan kemampuan kita,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahuu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja sempat mengungkapkan sebanyak 40 orang PNS dan Non-PNS di lingkungan Gedung Sate yang terpapar Covid-19.

Dia menjelaskan, dari ke-40 orang yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut 17 orang diantaranya berstatus PNS dan 23 orang lainnya Non-PNS. Kendati begitu, Pemprov Jabar akan tetap melakukan evaluasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“40 orang ini PNSnya 17 orang yang positif dan non PNS 23 orang. Tetapi barangkali yang pertama bahwa kami dalam rangka mengevaluasi masa AKB, kami kecolongan,” kata Setiawan saat konferensi pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (30/7). (mg7/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan