Gedung Pasar Ikan Higienis Gedebage Jadi Sentra Ikan Hias Terbesar di Kota Bandung

BANDUNG – Bagi penggemar ikan hias, saat ini di Gedung Pasar Ikan Higienis Gede Bage sudah ada Sentra Ikan Hias terbesar di Kota Bandung.

Keberadaan pasar ikan hias itu, merupakan dari para penghobi ikan hias dari berbagai komunitas. Mereka berkumpul dalam satu tempat untuk menciptakan peluang bagi perkembangan ikan hias di Kota Bandung.

Salah satu koordinator komunitas Christian Saputra menuturkan, berawal dari obrolan santai .Kemudian muncul ide untuk membuat ruang atau tempat semacam pameran ikan-ikan hias.

Pada awalnya banyak menemui kendala dengan harga sewa bangunan yang mahal. Namun, berkat bantuan dari Dinas Pangan dan pertanian kota bandung dan PD Pasar bermartabat Kota Bandung, para komunitas ikan hias boleh menempati salah satu gedung perikanan yang berada di komplek Pasar Gedebage.

Kebetulan gedung ini sudah lima tahun tidak dimanfaatkan akhirnya kami, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung beserta PD pasar bermartabat kota Bandung sepakat untuk mengisinya dan menjadi sentra ikan hias Bandung dari berbagai jenis ikan,” tutur Christian ketika ditemui di Pasar Gedebage, (21/7)

Keberadaan pasar ikan hias itu, terdiri dari para penghobi ikan hias yang ada di berbagai komunitas. Mereka berkumpul dalam satu tempat untuk menciptakan peluang bagi perkembangan ikan hias di Kota Bandung.

Dia mengatakan, keberadaan tempat ini sangat membantu sekali bagi para komunitas. Sebab, tidak sedikit dari mereka yang sudah membudidayakan  berbagai ikan-ikan hias di rumahnya masing-masing. Sehingga dengan adanya sarana ini pihaknya sangat membantu bagi para komunitas pecinta ikan hias.

Menurutnya, komunitas ikan hias ini seharusnya terus didorong agar berkembang dan menghasilkan nilai ekonomi. Terlebih, jika ditekuni, ternyata banyak dari penghobi ikan hias membudidayakan ikan-ikan yang dimilikinya.

“Nah ketika budidayannya berhasil, justru kami membutuhkan tempat untuk memasarkannya,” ucap dia.

Christian menilai, jika melihat perkembangan ikan hias saat ini sangat prospektif dan menghasilkan nilai ekonomi. Sebab, banyak dari masyarakat gemar memelihara ikan hias walapun hanya di simpan dalam akuarium.

Untuk itu, bursa pasar ikan hias ini diharapkan jadi barometer dan tempat bagi para penggemar ikan hias untuk berkumpul, berdiskusi, yang mengasilkan nilai prospektif ke depannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan