Cimahi Dapat Bantuan APD dari PMI Jabar

CIMAHI – Di tengah memerangi Corona Virus Disease (Covid-19), sejumlah Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kota Cimahi mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Barat. Selain itu, PMI juga menyerahkan paket Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi.

Tercatat ada sembilan Faskes yakni rumah sakit dan klinik yang menerima bantuan tersebut. Seperti Rumah Sakit Mitra Kasih, Rumah Sakit MAL, Rumah Sakit Kasih Bunda, Rumah Sakit Avisena, Klinik Harapan Bunda, Klinik Cimahi Sehat, Klinik Kasih Ibu, Klinik Dr. Nur, dan Klinik Budi Luhur.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris PMI Jabar, Kombes Pol. Purn Ruhanda kepada Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammas Priatna selaku Ketua PMI Kota Cimahi di Jalan Karya Bakti, Kamis (2/7).

”Paket PHBS kami siapkan sekitar 8.000 untuk wilayah Bandung Raya, untuk Kota Cimahi disalurkan 2.820 paket. Isinya berupa sabun, masker, dan perangkat kesehatan lainnya,” ujar Sekretaris PMI Jabar Ruhanda.

Diakui Ruhanda jika sebelumnya, pihaknya juga sudah menyalurkan 257.174 paket PHBS untuk wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Depok, Bekasi sebagai titik episentrum penularan Covid-19 di Jabar.

”Pembagian paket PHBS akan terus dilakukan meskipun isinya sabun, masker, dan perangkat kesehatan lain. Namun, melalui paket ini bertujuan membantu masyarakat terdampak untuk menerapkan PHBS, sehingga menjadi budaya yang bisa diterapkan dalam mencegah Covid-19,” katanya.

Dalam rangka percepatan penanganan covid-19 di Jabar, PMI Jabar sudah melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak 5.921 lokasi dengan menghabiskan 181.143 liter cairan disinfektan, yang dilaksanakan oleh 829 relawan dan personil. Penerima manfaat dari kegiatan tersebut mencapai 2.583.002 jiwa.

”Kami pun melakukan penyemprotan di beberapa daerah. Apabila Cimahi kekurangan dana untuk penyemprotan, kami akan siap untuk membantu,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna mengtakan, pandemi Covid-19 masih berlangsung, sehingga berbagai upaya penanganan pencegahan penularan Covid-19 harus terus dilakukan.

”Kita masih menghadapi covid. Kebersamaan menjadi kunci keberhasilan penanganan virus. Sehingga kebersamaan dengan PMI Jabar dalam menangani covid sangat diperlukan. Kami atas nama Pemkot Cimahi dan mewakili masyarakat sangat berterima kasih,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan