Pesantren Go Digital, Wujudkan Pesantren Mandiri dan Go Global di Era New Normal

Membuka acara Webinar, dalam sambutannya Direktur Digital Business Telkom, Faizal R. Joemadi menyampaikan kesiapan infrastruktur Telkom untuk mendukung Smart City Jabar melalui solusi-solusi Connectivity-Content-Collaboration, salah satunya adalah Pesantren Go Digital. “Telkom berkomitmen menghadirkan dukungan coverage 100% fiber optik seluruh Jabar serta ketersediaan Data Center yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh Pemda dan masyarakat. Pesantren Go Digital adalah solusi yang Telkom berikan demi mewujudkan Pesantren yang berdaya saing global,” ujar Faizal.
Dalam pemaparannya, Toto M Toha menekankan bahwa kekuatan utama dunia pesantren terletak pada nilai keikhlasan, kemandirian, ketawadhu’an dan kejujuran, sekarang berkolaborasi atau “menikah” dengan berbagai keunggulan dunia modern. Itulah sebabnya ada program Pengembangan Manajemen Modern Pesantren, para santrinya yang hebat bisa dikirim ke luar negeri untuk mendakwahkan Islam rahmatan lil’alamiin ke mancanegara, termasuk pintu yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui program “English for Ulama”, dimana para ulama milenial Jawa Barat yang berasal dari berbagai pesantren dikirim ke jantung dunia, yakni Inggris untuk mendakwahkan Islam ke komunitas global

Selanjutnya Prof. Marsudi, menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 memberikan pembelajaran yang sangat baik untuk penerapan Smart City, seperti beberapa solusi adaptif yang sudah diterapkan di Provinsi Jabar di masa Pandemi Covid-19 yakni Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat) dan 5 Command Center tersebar di beberapa Kota/Kabupaten.

Telkom Regional 3 saat ini telah siap untuk memberikan solusi untuk pesantren melalui Pesantren Go Digital yang dipaparkan oleh Mohamad Khamdan yang menekankan bahwa dengan Pesantren Go Digital ini dapat memberikan pemahaman kepada santri mengenai pemanfaaatan teknologi dalam meningkatkan pembelajaran. JIka dilihat dari sisi commerce memberikan kepada para santri agar dapat menyalurkan produknya secara local dan global dan dapat mengembakan bisnis UMKM.

Selanjutnya Henri Setiawan memaparkan detail program beserta solusi Pesantren Go Digital yaitu website pesantren, edukasi melalui solusi pembelajaran online, commerce dan kartu santri yang memudahkan seluruh aktifitas santri selama dipesantren dan memudahkan orang tua untuk memantau keadaan anaknya selama di pesantren.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan