Apple Catat Aktivitas Masyarakat Naik 23 Persen Walau PSBB Diperpanjang

Tak jauh berbeda dengan Apple, Google juga mencatat adanya kenaikan aktivitas penggunanya memasuki bulan Mei, meski amat perlahan. Mobilitas pengguna Google hanya turun cukup dalam pada hari raya Idul Fitri  25 Mei, yakni sebesar -57%. Kenaikan rata-rata mobilitas pengguna Google pada bulan Mei dibandingkan April adalah 7%

Memasuki Juni, mobilitas warga malah naik

Secara garis besar, terhitung sejak April 2020 hingga Juni 2020, rata-rata mobilitas pengguna Apple justru meningkat sebesar 23%. Dalam periode yang sama, kenaikan rata-rata mobilitas pengguna Google meningkat sebesar 8%

Apakah wacana new normal membuat masyarakat berani keluar rumah?

Tidak dapat dipastikan apa penyebab naiknya mobilitas masyarakat di tengah berbagai kebijakan pembatasan aktivitas, termasuk PSBB. Dengan kata lain, tidak diketahui pasti apa yang membuat warga lebih berani beraktivitas sebulan belakangan.

Namun, patut diduga, penyebabnya adalah munculnya berbagai wacana soal pelonggaran PSBB dan pemberlakuan new normal. Seperti diketahui, tepat pada 25 Mei 2020, wacana diberlakukannya new normal mulai bermunculan di media. Muncul pula wacana pembukaan mall yang rencananya akan dilakukan mulai 5 Juni 2020.

DKI Jakarta sudah mulai memberlakukan PSBB Transisi mulai 4 Juni 2020, dengan berbagai protokol yang sifatnya tidak seketat protokol PSBB sebelumnya. Maka besar kemungkinan tren kenaikan mobilitas warga ini akan berlanjut di bulan Juni.( Lifepal.co.id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan