RSUD Cikalong Wetan Siap Tampung Pasien Covid1-19

NGAMPRAH-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat siap menerima pasien positif virus korona (Covid-19). Karena saat ini rumah sakit tersebut memiliki ruang isolasi khusus bagi pasien dalam pemantauan (PDP) dan orang tanpa gejala (OTG).

Direktur RSUD Cikalong Wetan, Muhammad Ridwan menyebutkan, di ruang isolasi tersebut ada 43 bed dengan 3 kategori, yakni zona hijau 16 bed, kuning 15 bed dan merah 6 bed. Sementara itu, terdapat juga 3 bed di IGD, persalinan 2 bed serta ruang tindakan 1 bed.

Menurutnya, fasilitas kesehatan untuk Covid-19 tersebut hampir menyamai dengan yang ada di RS Al-Ihsan dan RSUP Hasan Sadikin Bandung.

“Ruangan isolasi merupakan bangunan yang sudah lama ada dan kita renovasi. Kemudian kita membuat IGD khusus untuk pasien Covid-19 dan bilik disinfektan serta ruangan perawatan,” ujar Ridwan, Selasa (2/6).

Ridwan menjelaskan, di RSUD Cikalong Wetan juga menyediakan ruang screening di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD), untuk melakukan penyaringan pasien ODP dan PDP yang memiliki gejala klinis Covid-19 serta bagi yang pernah kontak erat dengan pasien yang terpapar virus atau yang berasal dari wilayah zona merah kasus tersebut.

“Untuk alat kesehatan sudah kita siapkan di IGD. Jadi setiap pasien yang terkonfirmasi ke sini akan langsung menjalani rapid test di ruangan tersebut,” jelasnya.

Ridwan juga mengatakan, hingga saat ini RSUD Cikalong Wetan baru memiliki tiga alat ventilator yang berada di ruangan isolasi zona merah. Namun demikian, pihaknya akan mengupayakan penambahan ventilator dari pihak lain.

Begitu juga untuk medis dan paramedis, pihaknya telah menyiapkan 50 orang dengan tenaga pendukung 58 orang serta dokter spesialis penyakit dalam 2 orang.

“Kita juga siapkan dokter obgyn (spesialis kebidanan dan kandungan) 2 orang, dokter anak 2 orang, dan dokter spesialis lainnya 11 orang,” pungkasnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan