oleh

Dianggap Rawan Tertular Pedagang Pasar Tradisional Baleendah Lakukan Tes Swab

BALEENDAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melakukan tes untuk mengetahui penyebaran wabah penyakit akibat virus corona (covid-19) di kawasan pasar tradisional.

Tahap pertama kegiatan kerjasama antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) itu, dilakukan di Pasar Baleendah.

“Peserta merupakan pedagang di Pasar Baleendah, di mana 60 orang menjalani Rapid Test dan 40 orang menjalani swab. Lokasi ini merupakan tahap awal, mudah-mudahan setelah hari raya nanti bisa dilanjutkan di pasar lainnya,” ungkap Kepala Disperindag (Kadisperindag) Kabupaten Bandung Popi Hopipah kepada Jabar Ekspres, Kamis (21/5).

Baca Juga:  Ilmuwan Sebut Tes Covid-19 Air Liur Lebih Efektif Dibanding Tes Swab

Tes covid-19 di kawasan pasar menurutnya penting untuk dilakukan, mengingat di tempat itu banyak orang berkerumun dan berinteraksi. “Dikhawatirkan di pasar ini ada OTG (Orang Tanpa Gejala) yang bisa menularkan covid-19. Bisa jadi pedagangnya, atau juga pengunjungnya,” jelasnya.

Popi berharap, tes yang dilakukan menunjukkan hasil yang bagus, sehingga bisa menjadi acuannya untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

“Kalau saya pantau, di Pasar Baleendah ini protokol kesehatan sudah diterapkan dengan cukup baik. Mudah-mudahan dari hasil tesnya tidak menunjukkan ada yang positif. Sehingga kami tidak perlu mempertimbangkan penutupan pasar atau tindak lanjut lain yang lebih ekstrim,” harap Popi.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga