Optimalkan Pelayanan, RS Al Ihsan Dapat Bantuan APD

BALEENDAH – Untuk optimalnya pelayanan kesehatan dalam penangan covid-19, Anggota Komisi X DPR RI  Dede Yusuf Macan Effendi salurkan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di RS Al-Ihsan Baleendah.

Dede mengatakan, komisi X spesifik kepada rumah sakit pendidikan, rumah sakit riset dan rumah sakit rujukan. Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong pada sektor terkait dengan pendidikan.  ”Kita menyalurkan bantuan Reagen Tes kit PCR ke Balai Riset Unpad lantaran Komisi X fokus pada bidang pendidikan,” kata Dede saat ditemui disela-sela penyerahan APD di Baleendah, Senin (18/5).

Dede menjelaskan, hingga saat ini, pihaknya terus mendorong untuk sarana kesehatan di setiap RS memadia. ”hasil aspirasi yang diterima saat video call dengan beberapa rumah sakit. Oleh karena itu, kami terus menyalurkan bantuan APD ke RS yang ada di Kabupaten Bandung dan KBB,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur RS Al Ihsan Dewi Basmala mengatakan, dengan adanya bantuan APD. Pihaknya merasa terbantu, sebab dalam pelayanan dan penanganan Covid-19, para medis membutuhkan APD.

”Ada titik tertentu yang harus menggunakan APD lengkap, sehingga bantuan ini sangat bermakna karena kebutuhan nya tinggi, APD ini sifatnya dispossibel sekali pakai, jadi tidak bisa di pakai kembali,” tuturnya.

Menurut Dewi, saat ini pihaknya telah menyiapkan tempat tidur sebanyak 170 unit. Tapi rata rata terisi perhari 50. ”Untuk kepastian positif atau negatif, kami harus menunggu hasil laboratorium. Terkadang secara klinis sudah sehat, sudah sembuh dan di pulangkan namun hasilnya belum keluar,” akunya.

Dewi menambahkan, menurut data covid-19 hingga (17/5) jumlah kunjungan pasien sebanyak 708 orang. diantaranya, 191 orang dirawat. ” 39 orang masih dirawat, 118 orang sudah pulang dan 34 orang meninggal. Adapun yang ODP dan OTG sekitar 468 orang. adri 10 orang terkonfirmasi positif, 7 dianataranya masih dirawat dan 1 orang sembuh,” pungkasnya. (yul/rus).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan