Pasar Tradisional Masih Tetap Diserbu Konsumen

CIMAHI – Sejumlah pasar tradisional di Kota Cimahi masih menjadi serbuan masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan pokok bulan suci Ramadan. Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), jumlah kunjungan ke pasar tradisional di Kota Cimahi mengalami peningkatan dibanding hari biasanya.

Seperti pantauan di Pasar Atas Baru (PAB), Minggu (3/5). Sejumlah kios tampak dipadati pengunjung yang akan membeli kebutuhan pokok untuk keperluan berbuka dan santap sahur. Saking padatnya, mereka tidak lagi mengindahkan protokoler kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini untuk phsycal distancing atau jaga jarak.

Kepala PAB Kota Cimahi, Suryana mengatakan, selama bulan Ramadan ini pengunjung meningkat, terutama hari minggu sebab tidak ada pasar kaget. Pihak pengelola pasar mengaku sulit untuk menerapkan jaga jarak untuk mencegah paparan Covid-19.

”Selama puasa memang pengunjung sedikit meningkat, yakni sekitar 2.000 orang lebih per hari, hari biasa kurang dari itu. Ya terus kita imbau, setiap hari kita imbau untuk selalu menjaga jarak untuk keselamatan bersama. Tapi namanya di pasar ya, rame,” ungkap Suryana.

Menurutnya, pengunjung yang datang ke PAB wajib mengenakan masker. Jika tidak mengenakan masker, mereka tidak boleh masuk ke dalam pasar.

”Sesuai protokoler, setiap pedagang dan pengunjung yang masuk pasar juga harus diperiksa suhu tubuhnya,” terangnya.

Hal senada diakui Kepala Pasar Cimindi, Supriyadi. Pihaknya selalu mengingatkan pengunjung untuk menjaga jarak guna menghindari penyebaran Covid-19.

”Kita selalu pantau dan kita imbau, yang penting kita selalu ingatkan. Memang susah, kalau pengunjung ngga fokus, fokusnya pasti ke belanja. Jadi kita petugas yang selalu ingatkan,” sebutnya.

Sementara terkait dengan pengunjung selama bulan Suci Ramadan ini, seperti halnya di PAB, di Pasar Cimindi juga jumlah pengunjung mengalami peningkatan dibanding hari biasa.

”Sejak adanya virus corona kita kan buka cuma sampai jam 12 siang. Jam 11 kita udah nggak bisa terima pelanggan, karena persiapan tutup. Jadi pengunjung sepi. Sekarang puasa rame lagi, yang biasa belanjanya sore sekarang jadi pagi,” ungkap Supriyadi.

Kepala Unit Pelaksana Teknia Daerah (UPTD) Pasar Kota Cimahi, Dedi Gunadi  mengatakan, memasuki bulan suci Ramadan, jumlah pengunjung di sejumlah pasar tradisional yang dikelolanya terus mengalami lonjakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan