DPRD Jabar Usul Pemberlakuan Lockdown di Sejumlah Daerah

BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengusulkan untuk memberlakukan lockdown untuk beberapa daerah di Provinsi Jabar. Di antaranya, ,wilayah Pantura dan Selatan Jabar.

Ketua DPRD Provinsi Jabar Taufik Hidayat menyampaikan usulan tersebut, saat menggelar rapat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Kamis.

“Kami mengamati semakin masifnya warga asal Provinsi Jabar di DKI Jakarta yang pulang kampung,” kata Taufik seperti dilansir Antara.

Menyikapi usulan DPRD Jabar tersebut, Gubernur Jabar M. Ridwan Kamil atau Kang Emil mengatakan pihaknya akan menyampaikan usulan itu kepada pemerintah pusat.

“Tadi dewan juga mengusulkan ada usulan lockdown di beberapa kota dan kabupaten, tapi sedang kita diskusikan dengan pemerintah pusat apakah masukan-masukan dari Pemprov Jabar bisa dipertimbangkan terkait beberapa masukan dari dewan situasi di daerah banyak orang mudik,” kata Kang Emil dalam konferensi pers yang disiarkan langsung dalam akun instagram @humas_jabar.

Emil mengatakan peningkatan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Provinsi Jabar dikarenakan banyaknya warga perantau asal Jabar dari Jakarta yang pulang kampung.

“Problem hari ini ODP melonjak karena orang-orang yang harusnya tinggal di Jakarta mempergunakan tidak kerja ini malah pulang ke daerahnya seperti mudik, nah ini yang menjadi kendala besar sehingga kita akan lakukan sebuah tindakan yang lebih preventif,” kata Kang Emil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan