Pelajar Kota Bandung Berhasil Pelihara Anak Ayam dan Tanam Cabai

BANDUNG – Pelajar Kota Bandung telah berhasil mengikuti program yang digagas Wali Kota Bandung Oded M. Danial agara para siswa SD dan SMP di Kota Bandung dapat pelihara anak ayam dan tanam cabai.

Program merupakan percontohan agar pelajar di Kota Bandung dapat mengurangi penggunaan gadget dan menumbuhkan jiwa kemandirian.

Program anak ayam dan tanaman cabai dibagikan secara gratis kepada kalangan pelajar Kota Bandung di 12 sekolah SD dan SMP.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, program membagikan anak ayam merupakan model Pembelajaran Aktif, Kolaboratif, dan Integratif dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bandung Masagi (AKI BAGI).

Menurutnya, program AKI BAGI sudah lama diluncurkan, dan sekarang ayam-ayam dan tanaman cabai yang dibagikan kepada para siswa sudah tumbuh besar.

“Tujuannya untuk edukasi, kita ingin mencetak anak-anak yang berkarakter. Tidak hanya sekedar cerdas secara intelektual, namun juga cerdas secara emosional, sosial, dan spiritual.” ujar Oded saat di ditemui Jabar Ekspres pada acara Chicken Fair AKI BAGI di Alun-alun Ujung Berung, Kota Bandung, Senin (9/3).

Oded menilai, program ini sangat penting. Sebab, perkembangan teknologi  melalui gadget mempunya dampak negatif sangat mengancam perkembangan para siswa. Sehingga, dengan memiliki kesibukan lain ( mengurus ayam dan tanaman cabai, red) diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru.

‘’alhamdulillah semenjak ayam dan tanaman cabai dibagikan ternyata banyak yang berhasil. Dan ini tidak terlepas dari bimbingan para guru di sekolah,’’ucap Oded.

Sementara itu, terdapat tiga orang siswa terbaik dalam pelakasanaan program pemeliharaan ayam dan cabai. Siswa tersebut Rafa Rayana dari SMPN 46 Bandung, Saskia Alfira Meirani dari SDN Cimincrang, dan Kiki Ilham Fahrezi dari SDN Cikudayasa.

Masing-masing siswa mendapatkan hadiah berupa trofi dan sebuah sepeda yang diserahkan langsung oleh Wali kota Bandung.

Ditempat sama, Kepala Sekolah SMPN 46 Bandung, Iis Siti Aisyah mengaku sangat bangga dengan kreativitas para muridnya yang mampu memberikan hasil terbaik.

“Saya berharap program ini dapat sesuai dengan program lain khususnya di SMPN 46 Bandung terkait kepedulian lingkungan. Semoga program ini juga bisa dilanjutkan untuk membangun kemandirian, kedisiplinan, dan sikap tanggung jawab siswa dengan memelihara ayam dan cabai,” kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan