Kalau Ngaku Miskin harus Terima Jika Ditempeli Stiker PKH di Rumah

NGAMPRAH– Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai memasang stiker di rumah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Hal itu dapat dilihat di beberapa rumah di Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cihampelas, KBB.

Tulisan bercat hitam itu sengaja diterapkan Dinas Sosial sebagai tanda warga yang sudah menerima PKH. “Memang kebijakan dari pemerintah pusat. Agar PKH bisa tepat sasaran,” kata Kepala Dinas Sosial KBB, Heri Pratomo di Ngamprah, kemarin.

Heri mengatakan, tanda itu untuk memperjelas, bahwa warga bersangkutan benar -benar berhak menerima bantuan PKH. “Makanya dipakaikan stiker dan ada juga yang memakai sablon,” ujar Heri.

Warga menerima atau tidak sebut Heri, dikembalikan lagi kepada masyarakat. “Biar masyarakat sendiri yang menilai mana yang berhak menerima bantuan mana yang tidak. Jangan beranggapan bahwa saya tidak mendapatkan bantuan sedangkan yang kaya raya mendapat bantuan,” terangnya.

Selain sebagai labelisasi, kata dia, pemasangan stiker tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat luas ikut melakukan kontrol sosial. “Persiapan sudah dilakukan sejak tahun lalu dan diaplikasikan baru tahun ini. Harapannya masyarakat bisa melihat langsung penyaluran bantuan ini tepat pada penerimanya,” pungkasnya. (mg6/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan