Penyaluran CSR Harus Tepat Sasaran

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat, H. Aa Umbara Sutisna mengukuhkan Tim Fasilitas Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Ngamprah belum lama ini.

Menurut Bupati, Corporate Social Responsibility (CSR) atau TJSL, merupakan kewajiban serta bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.

Bupati menyebutkan, TJSL mulai dari menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu, pemeliharaan fasilitas umum dan fasilitas sosial serta kegiatan lainnya yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

“CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan yang tidak berorientasi keuntungan semata, dan penyalurannya harus tepat sasaran,” kata Bupati.

“Saya mengimbau seluruh perusahaan di KBB untuk membantu dan mendukung serta mengimplementasikan program-program pemerintah dan visi misi AKUR dengan Jargon Lumpaaat,” kata orang nomor satu di KBB ini.

Selain itu, pasokan bahan baku akan lebih terjamin untuk keperluan jangka panjang serta untuk kebutuhan tambahan yang akan diperoleh perusahaan berkat dukungan lingkungannya.

“Pada dasarnya CSR dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan, karena akan langsung meningkatkan citra perusahaan, mengembangkan kolaborasi dengan perusahaan lain dan meningkatkan citra merek perusahaan dimata masyarakat, sehingga masyarakat dapat meningkatkan perusahaan tersebut dengan para pengembang,” paparnya.

Melalui CSR, kata dia, kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal akan lebih terjamin. Kondisi ini akan berdampak pada terjaminnya kelancaran seluruh proses dan aktivitas produksi perusahaan serta pemasaran hasil-hasil produksi perusahaan.

“Pembangunan 1.000 rumah tidak layak huni (RTLH) di seluruh desa yang memiliki kantong-kantong kemiskinan yang merupakan kewajiban bagi kita bersama baik Pemerintah Daerah maupun swasta dalam penyelesaian itu harus dibangun,” paparnya.

Acara tersebut dihadiri Anggota DPR RI Dapil Kabupaten Bandung Barat, Rian Firmansyah, Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, Sekretariat Daerah, Asep Sodikin, serta Kepala Perangkat Daerah, Para Pimpinan Perusahaan, Ketua Yayasan Universitas Advent Indonesia, Direktur Politeknik Bandung. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan