WNI dari Wuhan China Tiba, Masyarakat  Diminta Jangan Panik

BANDUNG – Setelah mendapat izin dari otoritas China untuk memulangkan  Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Tenaga Kerja Asing (TKA) di China tiba di Indonesia,  Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Muhammad Farhan meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia jangan panik.

Menurutnya, meski saat ini tengah merebak penyebaran virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV) di Kota Wuhan  China, pemerintah Indonesia sudah mempersiapkan kedatangan para TKA dari China tersebut dengan sebaik-baiknya.

‘’Pemerintah Republik Indonesia dinyatakan telah mendapat izin dari Otoritas China untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berjumlah 243 orang dari Wuhan Provinsi Hubei China dan sekitarnya,’’kata Farhan dalam keterangan rilisnya ke Jabar Ekspres, Senin, (2/2).

Atas langkah itu, Kata Farhan pihaknya sangat menapresiasi pemerintah sebagai bentuk nyata perlindungan WNI di seluruh Dunia.

‘’Untuk itu kami himbau agar saudara – saudara kita di Wuhan bisa bekerjasama dan tidak panik sehingga evakuasi bisa berjalan dengan baik,’’ucap dia.

 

Proses evakuasi WNI di Wuhan dan sekitarnya diprediksi berlangsung ketat dan hati – hati. Bahkan, WNI yang dievakuasi akan dikarantina terlebih dahulu di pulau Natuna.

“Kami pun akan terus memonitor pelaksanaan evakuasi ini dari sejak keberangkatan dari Jakarta hingga proses karantina yang diperlukan,” ujarnya.

Lanjut Farhan, sejak terdengarnya permintaan evakuasi WNI di Wuhan yang langsung direspon oleh KBRI Beijing suplai logistik mereka yang terkena lockdown dipastikan aman.

Sebelumnya, Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu RI telah memastikan bahwa saat ini suplai logistik masih tersedia di toko setempat tapi memang harganya meningkat.

Demi kecepatan dan efektifitas maka KBRI memberikan bantuan keuangan sejumlah Rp133.280.000 agar bisa diterima oleh mahasiswa dan kemudian bisa dibelanjakan barang-barang di toko setempat.

“Kami ikut prihatin atas kondisi WNI yang terkena lockdown di Wuhan RRT karena outbreak Coronavirus. Kondisi ini adalah salah satu krisis kemanusiaan yang perlu ditangani dengan cepat dan aman. Kami menyambut baik dan mengapresiasi kerja Pemerintah yang langsung merespon dengan langsung menyusun operasi evakuasi WNI di Wuhan dengan sigap,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan