Panja Jiwasraya Panggil Erick Thohir

“Kami lebih memilih Panja. Bukan Pansus,” ujar SBY.

Mantan Menteri Pertambangan dan Energi (Mentamben) itu kaget kenapa ada pihak ingin pansus Jiwasraya. Menurut dia, dari sejumlah informasi yang didapat bahwasannya ada sejumlah tokoh yang dibidik. Di melepaskan mantan Menteri BUMN Rini Sumarno, Erick Thohir, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tidak hanya itu Presiden Jokowi juga diundang.

Namun informasi itu, kata SBY, belum tentu benar dan akurat. Untuk itu pemerintah menghemat lebih banyak bijak.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono menjelaskan dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ternyata by design. Atau dengan istilahnya telah direncanakan. Pelaku sudah menghitung, mengkalkulasi, dan merencanakan hasil apa yang bakal dia dapat.

“Itulah barangkali yang dimaksud oleh Pak Dirdik (Direktur Penyidikan),” kata Hari.

Dia menjelaskan, skema transaksi Jiwasraya ini adalah menerima uang dari masyarakat untuk membeli polis dengan program tertentu yang dijanjikan dengan bunga yang signifikan. Bahkan di angka kisaran tujuh persen yang membuat masyarakat tertarik.

“Nah ini kalau tidak didesign, menurut pengamatan kami, maka tidak mungkin. Kalau nanti duit masuk, nanti seperti apa, direncanakan lagi, sepeti apa dan akhirnya terjadi seperti ini,” tandasnya. (jpc/fin/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan