PD Kebersihan Siap Bantu Buang Sampah Perabot Rumah Tangga

BANDUNG – Bagi warga Kota Bandung yang ingin membuang sampah dalam skala besar, PD Kebersihan Kota Bandung telah memiliki program angkut sampah.

Kepala Seksi Bagian Humas PD Kebersihan, Asep Koswara program ini untuk meminimalisir pembuangan sampah ke tempat yang tidak semestinya seperti sungai.

Melalui jasa layanan pengangkutan sampah. Tercatat selama 2019 sebanyak 138 warga sudah mendaftar ke PD Kebersihan Kota Bandung untuk meminta jasa pengangkutan sampah.

‘’Bagi warga yang membutuhkan angkut sampah dalam jumlah banyak silahkan bisa mendaftar melalui nomor 022-7207889,’’kata Asep kepada Jabar Ekspres ketika ditemui di Balia Kota, Selasa, (21/1).

Untuk teknis pendaftarannya cukup menyebutkan nama, alamat lengkap, jenis sampahnya apa dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

‘’Kalau bisa, sampah yang akan diangkut sudah disiapkan dijalan agar kita bisa langsung mengangkutnya,’’ucap dia.

Asep menuturkan, sebelum dilakukannya program angkut sampah, masyarakat banyak yang membuang sampah ke sungai atau membakar sampah dipemukiman.

Hal inin terjadi karena masyarakat mengaku merasa kebingungan untuk membuang sampah dalam skala besar.

Hal ini untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke sungai. Sebab, tidak sedikit masyarakat membuang sampah berukuran besar ke sungai langsung.

‘’Sampah seperti Kasur, lemari, kayu bekas bangunan rumah, Sofa menjadi penghambat aliran sungai,’’cetus Asep.

Untuk itu, sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan akhir Sampah (TPAS) sampah dalam ukuran besar dikumpulkan terlebih dahulu dilima titik di antaranya Holis di Jalan Sekelimus, Jalan Pasir Impun, di Jalan Sadang Serang.

‘’Tujannya sampah itu nanti akan kita pilah, apakah masih bisa untuk didaur ulang atau langsung dibuang ke TPAS,’’tutup Asep. (m3/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan