Oded Minta Semua Elemen Siaga Bencana

BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial memimpin apel gelar pasukan siap siaga bencana di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Jumat (17/1).

Dalam apel yang dihadiri Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema dan jajaran Kodim 0618/BS tersebut, tampak ratusan petugas dari berbagai satuan berbaris rapi dengan seragamnya masing-masing. Tampak dalam barisan petugas dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), PMI, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kepolisian, TNI, hingga Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung.

Pada arahannya, Oded meminta agar seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk bersiap siaga menghadapi bencana apapun. Semua pihak diminta untuk mengantisipasi segala bentuk potensi bencana.

”Kita sebagai pemerintah tentu saja, meskipun kita tidak ada bencana, insyaallah tapi kita juga perlu ada kesiapsiagaan. Oleh karena itu kita mengumpulkan mereka di sini, lalu kita apel membuktikan bahwa kita harus siap siaga.” terang Oded.

Menurutnya, berkaca kepada berbagai peristiwa bencana alam yang terjadi di berbagai daerah, seperti DKI Jakarta, Bogor, Bandung Barat, dan lain-lain. Maka pihaknya tidak ingin hal serupa terjadi di Kota Bandung.

”Kita menyelenggarakan apel kesiapsiagaan bencana di Kota Bandung ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap bencana, terutama setelah melihat bencana yang menimpa saudara-saudara kita di Bandung Barat, Jakarta, Bogor, Banten dan di tempat lain,” ujarnya.

Dia pun berencana untuk secara langsung meninjau ke lapangan, terutama ke titik-titik rawan banjir dan tanah longsor. Jika diperlukan penanganan, pihaknya akan menginstruksikan jajarannya untuk melakukan tindakan.

”Kita akan turun ke lapangan. Kalau kita ke sungai kita lihat sungainya seperti apa, kalau kotor, kita bersihkan,” ujarnya.

Kendati beberapa waktu lalu jajarannya sudah melakukan kegiatan “Mapag Hujan”, namun hal itu tidak membuat Oded terlena. Dia mengaku akan terus melakukan perawatan sungai dan lokus-lokus yang rawan terkena bencana.

”Mudah-mudahan dengan kesiapsiagaan ini akan menjadi bukti untuk Allah SWT bahwa Bandung ini ternyata tidak terlena,” pungkasnya.(rls/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan