Disbudparpora Cimahi Ajukan Pengelolaan Eks Gedung Bioskop Rio ke Pemprov Jabar

CIMAHI – Kepala Dinas Kebudayaan Priwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja mengaku saat ini telah mengajukan pengelolaan gedung eks Bioskop Rio kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebab, bangunan bersejarah yang masuk bangunan haritage tersebut merupakan aset milik Pemprov Jabar.

Rencannya akan kita manfaatkan menjadi gedung eks Bioskop Rio itu akan dimanfaatkan untuk pagelaran kesenian Kota Cimahi.

”Kami inginnya sih dihibahkan ke Cimahi, sudah pernah diusulkan dan sekarang kami usulkan lagi,” ucap Budi, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, belum lama ini.

Mernurutnya, Pemkot Cimahi memproyeksikan bangunan bioskop Rio tersebut menjadi gedung kesenian dan kebudayaan.

”Kita ingin bangunan Rio menjadi Imah Seniman. Kita sudah koordinasi juga ke Pemprov Jabar,” ujarnya.

Budi mengungkapkan, berdasarkan hasil koordinasi pihaknya dengan pihak Pemprov Jabar maka diketahui, jika saat ini bangunan tersebut dikelola BUMD milik Pemprov yaitu PT Jaswita.

”Katanya, kalau diserahkan ke daerah maka harus merubah peraturan daerah dan sebagainya. Mungkin cukup rumit, tapi kita tetap mengupayakan agar bisa dihibahkan ke Cimahi,” paparnya.

Dijelaskannya, Gedung Eks Bioskop Rio merupakan bangunan haritage yang sudah ada sejak zaman Belanda.

Untuk itu, Budi mengakui jika pihaknya memahami pengelolaan oleh BUMD bakal fokus pada nilai ekonomi. Kondisi saat ini, gedung Rio menjadi konter HP sejak beberapa tahun lalu.

”Memang dikelola BUMD bakal profit oriented. Tapi jangan sampai jadi konter hp seperti itu. Jamannya sudah berubah. Kita paham Rio dikomersilkan tapi berharap ya fungsinya dikembalikan karena nilai sejarahnya perlu dipertahankan,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan Kota Cimahi membutuhkan gedung Rio. Untuk itu Pemkot melalui dinas terkait mengajukan ke provinsi terkait agar Bioskop Rio bisa dihibahkan.

”Bagaimana caranya dihibah atau lainnya jadi dikelola oleh Cimahi dan akan diurus menjadi gedung kesenian,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini potensi seni budaya Cimahi sangat banyak. Maka dari itu Cimahi sangat membutuhkan gedung kesenian.

”Selain untuk sarana apresiasi, juga bisa dimanfaatkan para seniman berkumpul dan berdiskusi,” pungkasnya.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan