Biaya Sewa Pesawat Habis Rp 1,1 Miliar

“Jadi harganya tergantung dengan jarak dan berapa jam kita menggunakannya,” papar Iip.

Saat ini terdapat sejumlah penyewaan pesawat baik jet atau helikopter. Seperti Susi Air dan beberapa perusahaan yang berada di Jakarta. Ka­rena jarak pesawat yang cukup jauh dari Bandung, maka harga sewa dari perusahaan ini pun jadi tinggi.

Iip menambahkan, pada 2019 memang ada peningkatan penggunaan pesawat diban­dingkan 2018. Dari, sisi ang­garan sendiri, penggunaan anggaran sewa pesawat cukup stabil karena kalau tak terse­rap maka akan kembali ke kas negara.

Selama ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun se­benarnya masih coba memi­nimalisir anggaran tersebut di mana dia lebih sering be­pergian lewat jalur darat se­lama itu memungkinkan.

Untuk itu, jika ada usulan dari kalangan dewan untuk pengadaan Helikopter sang­at mendukung. Sebab, fasi­litas pesawat milik pemerin­tah daerah bisa diperlukan sewaktu-waktu ketika ada keperluan khusus bisa langs­ung berangkat.

“Jabar itu kan luas dan ba­nyak daerah rawan bencana. Kalau gubernur tak datang ke bencana kan masyarakat akan merasa pejabat ga hadir,” tutup Iip. (mg1/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan