PAUD Penting Demi Ciptakan Generasi Unggul

BANDUNG – Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyebutkan, Pen­didikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ideal adalah PAUD yang memiliki pendidik dengan betul-betul mencintai anak. Meski sarana prasarana juga penting sebagai penunjang.

”Itu yang terpenting. Hu­bungan kebatinan antara pendidik dan kualitas pendi­dik merupakan yang paling penting. Karena kalau tidak begitu, ujung-ujungnya nan­ti jadi tempat penitipan saja tanpa ada kualitas guru yang baik dan memiliki hubungan batin,” kata Nadiem, usai me­resmikan penggunaan gedung baru PAUD KM “0” Kemen­dikbud, di gedung E lantai dasar, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki terutama dari sisi sumber daya manusia (SDM), fasilitas, dan kualitas buku-buku.

”Salah satu hal penting dalam SDM adalah adanya sistem penunjang antar pen­didik PAUD, karena di jenjang PAUD tidak bisa hanya be­lajar melalui buku saja, me­lainkan suatu proses ilmiah di mana guru-gurunya harus bereksperimen dan menco­ba hal-hal yang lebih inova­tif,” ujarnya, melalui siaran pers-nya.

Dia menambahkan, saat ini harus ada perubahan para­digma mengenai buku baca­an anak.

”Selama ini kita suka me­nentukan anak itu harusnya baca apa padahal sebenarnya paradigma yang lebih penting adalah bagaimana cara agar anak itu mencintai membaca. Jadi sebenarnya harus child driven. Anak harus ditanya ingin baca buku-buku menge­nai apa? Mengenai karakter-ka­rakter favorit mereka, super­hero favorit mereka, komik-ko­mik favorit mereka,” imbuhnya.

Apapun formatnya, kata Mendikbud, yang paling ut­ama adalah anak cinta mem­baca buku.

”Jika anak belum bisa mem­baca diajak untuk memba­likkan halaman-halaman buku sembari dibantu mem­bacakan, tidak apa-apa. Yang penting dia bisa mengikuti gambar-gambar yang dia sukai. Paradigmanya dulu yang diubah, harus child driven artinya semua dimu­lai dari anak dan orang dewa­sa harus mendengarkan anak. Jadi literasi bukanlah tan­tangan untuk membaca da­lam arti gramatika kebenaran membaca, menulis dan la­in-lain, melainkan bagaima­na agar setiap anak mencin­tai buku,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan