Nataru Jalur Selatan Diprediksi Padat

Pihaknya kini sedang melakukan persiapan pembangunan pos pengamanan dan melengkapi marka jalan dan mengecek kerusakan penerangan jalan umum di jalur tersebut.

“Kami membangun pos-pos di titik-titik yang sudah disiapkan khususnya di titik kemacetan. Kami juga mempersiapkan dengan memperbanyak tanda maupun traffic light yang telah kami siapkan. Kami juga berkoordinasi dengan Dishub, Satpol PP, dan keterkaitan lainnya kami sampaikan lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara itu sebelumnnya, Dirlantas Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi melakukan peninjauan jalur selatan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Polisi mengklaim jalur tersebut siap digunakan untuk libur natal 2019 dan tahun baru 2020.

“Kesiapan jalur baik dari utara tol dan selatan, juga tempat wisata hampir semuanya sudah siap untuk dilalui pada Operasi Lilin Lodaya 2019,” kata Eddy di Cileunyi, Senin (16/12).

Dalam menggelar operasi ini, pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait. “Mudah-mudahan dengan koordinasi dan komunikasi dengan baik bersama instansi terkait semuanya jalur bisa dilalui sesuai yang diharapkan penggunaan jalan,” ujarnya

Usai meninjau kesiapan jalur Cileunyi, pihaknya melanjutkan peninjauan jalur di titik lainya yang ada di jalur selatan. Peninjauan itu guna memantau hambatan yang dapat terjadi di jalur selatan.

“Mudah-mudahan tidak ada hambatan, makannya saya sekarang mengecek, setelah di sini saya akan cek Nagreg, Limbangan dan Malangbong. Saya yakinkan betul bahwa jalur tersebut bisa dilalui pada pelaksanaan natal dan tahun baru,” kata Eddy.

Sekadar diketahui, jalur selatan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas da bencana alam seperti longsor. Menyikapi hal tersebut pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait. “Berkaitan rawan kecelakaan kita sudah rakor dengan kasatlantas dan instansi terkait. Kami akan melakukan sosialisasi melalui papan imbauan dan media sosial,” ucap Eddy.

Eddy meninjau langsung jalur selatan Garut. Kawasan Limbangan menjadi sorotan.

“Ada sejumlah titik yang menjadi sorotan, di sini titik rawan ada Pasar Limbangan dan Pertigaan Leuwigoong,” ujar Eddy didampingi Kasat Lantas Polres Garut AKP Asep Nugraha.

Pasar Limbangan, menurut Eddy masih jadi titik utama yang rawan kemacetan di jalur Garut. Selain itu, Pertigaan Leuwigoong yang menghubungkan Garut-Tasik-Limbangan juga kerap jadi titik macet parah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan