Arus Kendaraan Meningkat 40 %

BANDUNG  – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi arus kendaraan yang melintas ke Provinsi Jawa Barat akan mengalami peningkatan sebesar 40 persen.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Barat (Jabar) Herry Antasari mengatakan, peninkatan ini terjadi karena menjelang akhir tahun nanti bertepatan juga dengan libur sekolah. Sehingga, kemungkinan besar banyak masyarakat yang ingin berpergian ke luar kota.

‘’Jadi kemungkinan peningkatan itu dipengaruhi pula dengan kendaraan yang melintasi Jawa Barat menuju Jawa Tengah dari Jabodetabek,’’kata Hery kepada wartawan, Senin, (15/12).

Dia mengakui, perkiraan ini didapatkan dari analisa pada rakor (rapat koordinasi) bersama Polda Jabar, ada kenaikan volume kendaraan kurang lebih 40 persen dari volume normal. Bahkan, Elevated (tol Japek) juga ada peningkatan” kata dia.

Sebagai gambaran, kepadatan yang akan terjadi, peningkatan kendaraan yang akan terjadi merupakan setengahnya dari kepadatan yang terjadi saat musim mudik lebaran lalu.

Hery menuturkan, ada sejumlah titik yang akan menjadi perhatian Dishub. Misalnya, kepadatan yang terjadi di turunan tol elevated. Lalu, di wilayah tempat wisata, seperti puncak Bogor yang akan menggelar car free night pada akhir tahun nanti. Di lain pihak, Dishub Jabar akan fokus pada daerah rawan banjir dan longsor, khususnya di wilayah Subang, Garut hingga Pangandaran.

Hery mengingatkan, kepada para pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan di jalur rawan kecelakaan, seperti akses Tol Cipularang KM 90-100, Cipali, Puncak Bogor, Tanjakan Emen di Subang, Cadaspangeran di Kabupaten Sumedang dan di sejumlah jalur alternatif dan rute menuju pantai selatan Jabar.

Selain itu, untuk peningkatkan kenyamanan dan keamanan pihaknya sudah  mengingatkan kepada perusahaan otobus untuk memeriksa kendaraan. Sebab, sejauh ini ada 33 persen kendaraan umum yang tidak laik jalan. Angka itu didapatkan dari hasil ramp check yang sudah dilakukan sejak awal bulan Desember ini.

“Ya kami wajibkan perusahaan otobus melakukan perbaikan jika ingin melayani penumpang saat libur akhir tahun,” kata Hery.

Dishub Jabar juga melakukan pemeriksaan perahu untuk angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan sehingga siap melayani penumpang. Pengecekan juga telah dilakukan untuk angkutan kereta dan pesawat terbang. Hal ini demi masa libur Nataru yang nyaman bagi penumpang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan