Ridwan Kamil-Anies Baswedan Sepakat di 2024?

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diagendakan melakukan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pekan depan. Apakah keduanya membahas arah politik 2024?

”Iya rapat bersama Pak Anies, jadwalnya tanggal 25 November,” kata Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (19/11/2019).
Pria yang akrab disapa Kang Emil itu memastikan, pertemuan bukan membahas politik. Tapi lebih kepada rapat koordinasi.

Kedua kepala daerah akan membahas sejumlah isu di daerah perbatasan seperti Depok, Bogor, dan Bekasi. Dari mulai terkait transportasi hingga persoalan sampah dan sosial.

Menurutnya dalam rapat perdana ini dirinya mendapat undangan resmi terlebih dulu secara langsung dari Anies.
Emil mengaku, rapat dan pembahasan ini penting bagi kedua provinsi mengingat sejak menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, kedua belah pihak secara resmi belum pernah menggelar rapat kerja bersama.

DKI Jakarta, menurutnya, salah satu provinsi yang sepakat dengan Jawa Barat untuk menyusun cetak biru kebencanaan.
Di sisi lain, Ridwan Kamil dan Anies Baswedan memang santer masuk dalam bursa Pemilihan Umum Presiden 2024. Baik Ridwan Kamil dan Anies Baswedan digadang-gadang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk maju di 2014. Bahkan, NasDem pernah membantu Emil sewaktu pencalonan menjadi gubernur.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sebelumnya juga menyinggung proyeksi capres 2024. Paloh meredam spekulasi soal nama-nama yang dikabarkan bakal diusung NasDem di Pilpres 2024.

”Partai harus berani membuka inisiatif membuka ke seluruh potensi yang pantas, yang patut memimpin negeri ini. Maka tidak ada salahnya kita akan lakukan 2 tahun jelang 2024 dengan penuh kebaikan, melalui konvensi capres,” kata Paloh dalam sambutannya pada HUT NasDem di JI Expo, Kemayoran, Jakpus, Senin (11/11/2019) lalu.

”Kalau ada yang mengatakan ‘ah ini berpihak untuk Bung Anies’ ah salah itu, berpihak kepada Ridwan Kamil, apalagi, salah juga itu. Khofifah belum tentu, kader NasDem belum tentu lagi, jadi siapa, kita cari bersama,” imbuh Paloh.
Di sisi lain, Emil juga mengamini perkataan Surya Paloh. ”Saya kira terlalu jauh kalau buat saya,” ujar Ridwan saat menghadiri seminar dalam Kongres Partai NasDem di Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2019).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan