Polisi Masih Jadi Incaran

BANDUNG –  Aksi bom bunuh diri kembali terjadi dengan target kantor polisi. Kali ini, Mapolres Medan Sumatera Utara menjadi sasaran peledakan aksi bom bunuh diri pada Rabu, (13/11) pukul 8.40 WIB. Atas kejadian tersebut Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menginstruksikan kepada seluruh Mapolres untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihaknya khususnya Kepolisian Polda Jabar memiliki sistem khusus maupun SOP untuk melakukan pencegahan terkait aksi teror dan lain sebagainya. Untuk Polda Jabar sendiri, sehingga, Pihaknya telah melakukan secara sistem baik personel dan CCTV sejak lama, sehingga tidak terjadi aksi teror di wilayah Jawa Barat.

“Secara sistem baik sistem manual, Personel dan sistem teknologi seperti CCTV dan Gate System sebagai upaya pencegahan sudah dilakukan oleh Polda Jabar, sehingga tidak terjadi aksi teror di wilayah Jawa Barat,” kata Trunoyudo saat di konfirmasi, Rabu (13/11)

Sesuai arahan dari Kapolda Jabar, Irjen. Pol. Rudy Sufariadi, kata Trunoyudo, yang perlu ditingkatkan adalah peningkatan kewaspadaan personel yang menjalankan sistem tersebut dalam menjaga memelihara keamanan dan ketertiban untuk masyarakat.

“Sesuai arahan Kapolda Jabar adalah peningkatan kewaspadaan personel yang menjalankan sistem tersebut maupun setiap individu personel Polri dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas untuk masyarakat, karena sistem tanpa personel sangat percuma,” paparnya.

Saat ditanyakan, terkait pengamanan objek vital yang ada di Jabar, Trunoyudo mengatakan, bahwa pihaknya telah memiliki system pengamanan juga. Sehingga, obyek-obyek vital tidak luput dari pengawasan aparat keamanan.

‘’Kita lakukan adalah terus koordinasi bekerjasama terus melakukan patroli, agar di Jawa Barat tetap kondusif dan aman,”ucap dia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Machmud, petugas yang berjaga di gerbang masuk utama dipertebal dengan menambah jumlah personel dari yang biasanya hanya 5 jadi 15 personel.

“Untuk statusnya, berdasarkan perintah dari atasan ditingkatkan jadi Siaga 1. Personel penjaga di dua gerbang masuk dipertebal jadi 15 anggota bersenjata lengkap,” ujar KBO Sat Sabhara Polres Cimahi, Ipda Budi Purwanto, saat ditemui Rabu (13/11).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan