UKBI Mulai Banyak Diminati Warga Negara Asing

Dindin juga menginformasikan bahwa masyarakat umum, guru, siswa, pegawai di lembaga pemerintah/swasta, atau kalangan perguruan tinggi yang ingin mengukur kemahiran berbahasa Indonesia melalui alat UKBI dapat juga langsung mendaftarkan diri melalui Layanan UKBI di laman Balai Bahasa Jabar atau menghubungi Tim UKBI Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.

Setelah pelaksanaan Sosialisasi dan UKBI, Iin, salah seorang peserta kegiatan mengatakan bahwa ternyata soal-soal UKBI tidak semudah yang dibayangkan. Walaupun dalam keseharian menggunakan bahasa Indonesia, tetapi cukup kerepotan ketika menjawab soal UKBI. “Ini sebagai bahan introspeksi bagi saya untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Indonesia saya” kata Iin. Sementara itu, peserta lain mengatakan bahwa perlu ketelitian dalam menjawab soal UKBI karena banyak soal-soal UKBI yang jawabannya seperti jebakan.

Menjelang akhir tahun 2019 ini, Balai Bahasa Jabar melaksanakan sosialisasi UKBI selain kepada tenaga administrasi, juga kepada para guru. Kegiatan Sosialisasi UKBI tersebut terbagi ke dalam sepuluh kegiatan. Tujuh kegiatan dilaksanakan di Kota Bandung dan tiga kegiatan akan dilaksanakan di Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. (DS)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan