SMPN 11 dan SMAN 25 Juara LPI Kota Bandung 2019

BANDUNG – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 11 dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 25 Bandung, sukses menjadi juara kompetisi Sepakbola Antarpelajar SMP dan SMA/Sederajat pada gelaran Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Tingkat Kota Bandung 2019. Sementara itu, Alghifari Surya (SMPN 11) dan M. Fauzan Saputra (SMAN 2) terpilih menjadi pemain terbaik. Kompetisi ini pun resmi ditutup oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Dalam kesempatan itu, Yana berharap ajang ini akan menjadi model pembinaan bibit-bibit atlet yang dapat dibina lebih lanjut agar berprestasi pada level yang lebih tinggi. Menurut Yana, prestasi tidak akan hadir dengan sendirinya tanpa terbiasa dengan suasana kompetitif seperti yang dibentuk LPI Kota Bandung 2019.

”Ini bukan akhir perjuangan para atlet, tetapi justru menjadi awal untuk berlatih lebib keras guna menyiapkan diri untuk bersaing pada kompetisi selanjutnya,” ucapnya di Stadion Persib Bandung, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (29/10).

Dia mengatakan, LPI Kota Bandung 2019 telah memberi gambaran, persaingan tidak hanya secara individual, tetapi melalui kerja sama kolektif. Karena sebagus apa pun pemain tidak akan berarti jika tidak menjalin kerja sama dengan anggota tim lainnya.

”Pada posisi inilah, LPI dinilai sebagai pembelajaran tentang bagaimana membaca permainan dan berkontribusi kepada tim, serta membangun sikap mental yang tangguh dalam situasi apa pun,” katanya.

Namun, tuntutan tersebut tidak bisa dibebankan pada para atlet saja, melainkan perlu keterlibatan pelatih, pembina, dan lingkungan sekolah. Sehingga persoalan untuk mengevaluasi hasil dari kompetisi bisa menjadi bahan penyempurnaan secara komprehensif.

”LPI merupakan kalender kejuaraan yang harus dipertahankan konsistensinya, karena peranannya sebagai pembinaan atlet dan generasi muda. Bukan tidak mungkin atlet berkualitas bisa jadi wakil Kota Bandung untuk kompetisi regional, nasional, dan internasional,” ucap Yana.

Sebagai wahana pembinaan generasi muda, Yana menganggap kompetisi LPI mampu merangsang siswa sekolah menyalurkan kegiatanya dengan hal positif, dalam hal ini dengan sepak bola.

”Jika kondisi ini dipelihara dan ditingkatkan, saya optimis dunia persepakbolaan Kota Bandung akan terus berkembang dan berkontribusi terhadap penguatan dominasi Kota Bandung di seluruh cabang olahraga prestasi di Jawa Barat,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan