oleh

Upaya Tingkatkan Cakupan ASI Ekslusif

CIMAHI – Dalam upaya meningkatkan cakupan Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif guna mencegah stunting, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesamas) Melong Tengah membuat inovasi pelayanan Publik yang diberinama Komunitas Pendukung Air Susu Ibu Mamau Cantik Optimis Cerdas dan Sehat (KP ASI Macan Oces). Dimana inovasi ini terdiri dari kelompok-kelompok masyarakat yang mendukung dalam meningkatkan cakupan ASI ekslusif.

Kepala Puskesmas Melong Tengah, drg Melinda mengungkapkan, pembuatan program ini dilatarbelakangi oleh rendahnya cakupan ASI ekslusif. Berdasarkan analisa pada 2016 di wilayah kerja Puskesmas Melong Tengah cakupan ASI ekslusif rendah dengan jumlah bayi stunting yang tinggi.

”Waktu itu cakupannya hanya 33 persen (ASI ekslusif) dan ada sekitar 274 bayi stunting,” ungkap Melinda, saat ditemui di Puskesmas Melong Tengah, Jalan Melong Tengah No.139, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Kamis (26/9).

BERI MOTIVASI: Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna beri motivasi pada ibu yang baru melahirkan agar mau memberikan ASI kepada bayinya yang baru lahir hingga usia minimal dua tahun.
Menurutnya, berdasarkan analisa data, maka inovasi pelayanan KP ASI Macan Oces dibuat dan mulai dikerjakan pada 2017, serta meulai digenjot pada 2018.
Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga