Hadapi Industri 4.0. Masyarakat Harus Mampu Bersaing

Salah satu hal yang juga harus dimiliki oleh mahasiswa yaitu nilai gotong royong dan harus ditanamkan oleh mahasiswa saat ini.

”Bisa gotong royong dan kreativitas, gotong royong kreatif, kreatif yang bergotong royong,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Jurnalis sekaligus pemilih Good News From Indonesia, Wahyu Aji menuturkan mahasiswa harus mampu menyelesaikan masalah disintegrasi, ujaran kebencian, dan mampu menjadi pionir dalam menangkal banjirnya informasi.

”Masalah disintegrasi, informasi tidak akurat, dan ujaran kebencian, seharusnya teman-teman dengan keterampilan berkomunikasi bisa berkontribusi mengatasi hal itu, misal membuat kampanye (melalui media daring) dan menyebarkan pesan-pesan damai,” tuturnya.

Dia juga meminta agar mahasiswa tidak memperparah kondisi dengan membuat kemasan informasi yang penting dengan hal yang disukai oleh generasi saat ini.

”Sekarang pemimpin yang tua penyampaian info yang tidak menarik, kita harusnya bisa lebih kreatif. Kita juga harus membangun pemikiran yang optimis, sebagai bagian dari penerapan revolusi mental yang dibutuhkan oleh masyarakat,” pungkasnya.(mg4/ziz)

Tinggalkan Balasan