Ajak ASN Jabar Sumbang Ide Pariwisata

“Apa yang dibuat oleh para peserta melalui prototipenya ini akan dikirim dan menjadi masukan bagi Pemdaprov Jabar untuk membangun dunia pariwisatanya di tahun 2040,” ucap Cruz.

Untuk memaparkan sebuah rencana konsep pembangunan pariwisata di Jabar pada 2040, para peserta dibagi menjadi lima kelompok. Ada berbagai macam ide yang dipaparkan, salah satunya menjadikan pariwisata Jabar sebagai The Next Dubai di 2040 dengan didukung oleh berbagai seni-budaya hingga kuliner khas Jabar.

Selain itu, ada pula konsep Smart Tourism Integrated (STI) di 2040. Konsep ini perlu didukung oleh berbagai unsur ide, sosial, alam, juga teknologi, hingga komitmen atau kebijakan politik dari para pemimpin untuk memajukan dunia pariwisata.

Apabila terwujud, konsep ini bisa memberikan dampak siginifikan terhadap ekonomi Jabar. Dalam konsep ini, Jabar bahkan bermimpi memiliki pariwisata luar angkasa dengan syarat para turis melakukan kunjungan wisata di Jabar terlebih dahulu.

Adapun ‘Smart Tourism’ sebagai rujukan workshop merupakan sebuah konsep yang diterapkan oleh banyak pengelola wisata saat ini untuk mendongkrak kunjungan wisatanya.

Konsep ini didukung oleh penerapan teknologi komunikasi dan informasi. Unsur data wisata seperti lokasi atau objek wisata, event wisata, hingga sarana dan prasarana pendukungnya ikut menjadi modal penting yang harus tersaji dalam sebuah database online sehingga mudah diakses oleh wisatawan. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan