Koperasi Berbasis Digital Menuju Jabar Juara

”Kuncinya, di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, koperasi harus berbenah secara serius. Koperasi harus mampu menjadi koperasi zaman now dengan memanfaatkan teknologi informasi di dalam pengelolaan bisnisnya,” katanya.

Dia berharap, dengan sistem aplikasi yang berbasis teknologi, maka pelayanan terhadap anggota menjadi lebih cepat, aman dan nyaman.

”Bilamana para pelaku usaha muda dapat melihat manfaat yang lebih luas dengan adanya koperasi zaman now, maka diharapkan mereka akan bergabung dalam koperasi berbasis digital ini,dimana semua dapat dilakukan melalui gadget atau smartphone,” harapnya.

Dinas KUK Jabar melakukan berbagai  program yang dilakukan untuk mendorong koperasi siap bersaing di era digital ini. Seperti program One Pesantren One Product (opop) bertujuan untuk mendorong kopontren dan pontren di jawa barat bisa berkembang, berdaya saing dan mandiri dengan kemampuan usaha yang dimilikinya.

”Tahun 2019 ini target sebanyak 200 koperasi melakukan laporan keuangan berbasis online dan pemasaran menggunakan platform koperasi. Untuk itu kita melakukan bimbingan teknik, pendampingan dan pemberian aplikasi laporan keuangan berbasis online. Hingga Juli 2019 tercatat 100 koperasi sudah mengikuti digitalisasi koperasi,” terangnya.

Dengan digitalisasi koperasi maka  mindset kepengurusan koperasi juga harus diubah seiring perkembangan teknologi. Untuk itu perlu dilakukan pemberdayaan terhadap seluruh anggota koperasi. Sebab, SDM yang berkualitas menjadi modal utama membangun kondisi internal yang baik, serta mampu menjadikan koperasi lebih sehat, mandiri dan berkualitas.

”Nantinya koperasi akan membuat jaringan networking koperasi modern dengan menerapkan sistem digitalisasi untuk mengembangkan jaringan e-commerce sehingga lebih efisien dan memudahkan masyarakat,” pungkasnya.(rls/ziz)

PUNCAK HARKOP: Rencananya puncak peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Provinsi Jawa Barat bakal digelar 26-28 Juli 2019 di Gedung Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan