Stadion GBLA Terbengkalai, Pengelolaan Terkendala Status Aset

Dia menilai, untuk pengelolaan stadion, idealnya diserahkan kepada pihak ketiga. Sebab, peran pemerintah bukan operator tapi regulator.

’’idiealnya, itu dikelola pihak ketiga dengan prosedur yang baik, idealnya ke Persib saja, nanti mereka bisa kerjasama B to B bisa beriklan atau apapun terserah kesepakatan,’’kata dia.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengakui jika Stadion GBLA tidak terkelola baik. Sebab,

masih ada masalah hukum dan one prestasi oleh PT Adi Karya sebagai pelaksana proyek.

’’ Ini yang mengyebabkan Pemkot harus berhati-hati membaca regulasi sehingga menghambat anggaran pemeliharaannya,’’kata Yana.

Dia mengatakan, sebetulnya pemeliharaan GBLA itu ada tiga tahap. Pertama, PT Adi Karya masih memiliki kewajiban untuk membereskan masalah kesalahan konstruksi pada bangunan GBLA tersebut.

’’Jika dilihat sepintas ada penurunan struktur tanah dan bangunan. Katanya ini disebabkan karakter tanah wilayah Gedebage, tapi pada intinya bangunan GBLA sangat kuat,’’kata dia.

Yana mengaku, masalah ini akan segera ditindak lanjuti dengan koordinasi lebih lanjut dengan PT Adi Karya dan dinas terkait. Sehingga nantinya, bisa segera melakukan serah terima sesuai dengan prosedur.

Dia mengatakan, adanya masalah struktur bangunan dan kasus hukum mengakibatkan Pemkot Bandung menilai bahwa PT Adi Karya bisa disebut wanprestasi. Sehingga, secara aturan kewajiban membayar atas proyek tersebut belum bisa dilakukan sepenuhnya.

’’Kalau tidak salah menurut BPK, ada sekitar 4,7 miliar yang masuk ke dalam wanprestasi tersebut, sedangkan menurut pernyataan Adi Karya, mereka merasa sudah menyelesaikan itu semua, tetapi masih ada temuan pada angka tersebut,” tutur Yana.

Untuk itu, permasalahan ini sebaiknya segera diselesaikan. Sehingga, asset pemkot Bandung yang menjadi kebanggaan bisa dikelola dengan benar.

’’Jadi kalau masih menggantung gini semuanya serba salah, dan Pemkot pun kesulitan melakukan perbaikanya,’’tandas Yana. (mg3/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan