Bencana Kekeringan Semakin MeluasDewi

BANDUNG – Sebanyak 1.682 hektare lahan pertanian padi di Jawa Barat mengalami puso pada musim kemarau tahun ini. Jumlah itu tersebar di 12 kabupaten/kota dengan jumlah yang bervariasi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Hendi Jatnika mengatakan, puso terjadi di beberapa daerah pertanian dengan jumlah paling banyak di Kabupaten Kuningan yakni 654 hektare.

’’Lainnya seperti di Kabupaten Sukabumi 330 hektare, Garut 202 hektare, Cirebon 150 hektare, dan Cianjur 140 hektare,’’kata Hendi ketika ditemui pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Selesa, (9/7).

Dia mengatakan, puso juga terjadi karena adanya sejumlah irigasi yang rusak. Akibatnya, pengairan tidak maksimal karena terjadi retak-retak pada fisik irigasi sehingga pengairan tak sempurna. Bahkan, puso tahun ini mengalami peningkatan dibanding 2018. Saat itu, jumlah pusonya mencapai 2-3% dari total lahan persawahan yang ada.

Menurutnya, puso terjadi karena daerah persawahannya yang tadah hujan sehingga sudah dua bulan berturut-turut tidak terairi.
Meski begitu, dia optimistis jumlah puso di wilayahnya tidak akan bertambah karena sudah tidak ada lagi petani yang menanam padi.

Selain itu, pihaknya telah memaksimalkan pertanian agar area sawah yang ada tetap teraliri air. Salah satunya dengan melakukan pompanisasi pada sawah-sawah yang lokasinya cukup jauh dari irigasi.

Tak hanya itu, pihaknya pun mengaku sudah berkoordinasi dengan TNI dan pihak-pihak terkait lainnya untuk mengatur pembagian air dari irigasi.

“TNI turun untuk pengamanan air irigasi, agar petani mendapat air yang merata. Jangan salah, pemerataan irigasi saat musim kering ini rawan,” katanya.

Oleh karena itu, dia optimistis musim kering ini tidak akan berdampak signifikan terhadap produksi padi. Dari target produksi 12 juta ton gabah kering, dia optimis akan tercapai pada akhir tahun.

“Dari 12 juta ton gabah, jadi padinya sekitar 8 juta ton. Kita optimis tercapai, karena sekarang saja produksi sudah 4 juta ton,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Operasional Dinas Pemeliharaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Bambang Sumanta, mengatakan, jumlah air di wilayahnya masih mencukupi hingga puncak musim kemarau pada Agustus mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan