Pelajar SMA Operasikan Bisnis Berbasis Sosial di Sekolah

BANDUNG– Pelajar dari lima SMA di Bandung dan Bandung Barat bersaing menunjukkan keterampilan mengelola usaha mikro berbasis sosial dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2019 yang diselenggarakan oleh Citi Indonesia (Citibank) melalui payung seluruh kegiatan CSR-nya, Citi Peka (Peduli dan Berkarya), bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) di Atrium Braga Citywalk, Sabtu (6/7). Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para pelajar memaparkan konsep bisnis yang dikembangkan serta memamerkan produk yang dihasilkan sebagai solusi atas sebuah permasalahan sosial. Kelima sekolah tersebut, antara lain SMAN 1 Cisarua, SMAN 1 Ngamprah, SMAN 10 Bandung, SMAN 11 Bandung, dan MAN 2 Bandung.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengungkapkan, “Generasi muda perlu diberikan wadah untuk mengasah minat berwirausaha, mengembangkan kreativitas yang dimiliki, sekaligus melatih kepekaan menangkap peluang dari sebuah isu sosial. Dalam program Perusahaan Siswa (Student Company/SC) ini, para pelajar berkesempatan untuk mengalami secara langsung bagaimana mengoperasikan sebuah bisnis. Melalui pembelajaran praktis, mereka dapat memahami tantangan serta risiko bisnis secara konkret. Kondisi demikian akan memperkaya wawasan para pelajar dalam mengembangkan strategi bisnis sekaligus menstimulasi insting dalam berwirausaha. Ini merupakan wujud komitmen Citi Indonesia untuk memberikan kesempatan ekonomi yang lebih luas bagi generasi muda atau kami sebut youth economic opportunities serta mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama yang diinisiasi oleh generasi muda,” katanya.

Tingginya motivasi untuk berwirausaha tidaklah menjadi jaminan terhadap jumlah bisnis yang sungguh terbentuk. Sebanyak 44% anak muda berusaha untuk memulai sebuah bisnis, namun hanya 6% yang akhirnya benar-benar menjadi pengusaha. Berdasarkan hasil survei Pathways to Progress yang dilakukan oleh Citi Foundation dan Ipsos pada tahun 2017, 79% anak muda secara konsisten menyatakan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak keterampilan dan pengetahuan sebelum memulai sebuah bisnis. Indikasi ini semakin menegaskan komitmen Citi Indonesia untuk membantu generasi muda menemukan solusi dari tantangan berbisnis serta mewujudkan mimpi mereka menjadi wirausaha.

Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner menyampaikan, “Selama lima tahun, kemitraan antara PJI dengan Citibank telah sukses memberikan manfaat melalui edukasi kewirausahaan kepada lebih dari 46.000 siswa-siswi dari 137 SMA dan SMK di Indonesia. Gagasan inovatif yang mendasari bisnis mereka menunjukkan potensi luar biasa yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia. Melalui inisiatif ini, PJI dan Citibank berupaya membuka jalan bagi para pelajar untuk mengeksplorasi dan mengoptimalkan kemampuan berwirausaha sekaligus menanamkan nilai pentingnya membangun sebuah bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan